http://bisnis.news.viva.co.id

VIVAnews – Mulai dari bagasi rusak atau hilang, paspor hilang atau kecopetan, penundaan jadwal pesawat, biaya perawatan rumah sakit, hingga kecelakaan, semua dapat perlindungan.

Berbagai keuntungan dan manfaat banyak dimiliki oleh asuransi perjalanan. Sayangnya, masih banyak dari Anda yang terkadang enggan untuk membeli jenis asuransi ini. Baik untuk perjalanan domestik maupun internasional.

Padahal risiko tidak bisa ditebak. Salah satu contohnya adalah perjalanan ke luar negeri. Bisa saja Anda terkena risiko kesehatan dan harus menjalani perawatan rumah sakit. Apakah Anda tahu berapa biaya perawatan yang harus dilakukan?

Nah, sebenarnya berapa kisaran biaya yang bisa diberikan oleh asuransi perjalanan dari cakupan perlindungan yang diberikan?

Pertanggungan kecelakaan diri

Pada risiko kecelakaan, Anda akan mendapatkan sejumlah uang santunan yang dibayar untuk risiko kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Jumlah santunan yang diberikan oleh masing-masing penyedia asuransi memiliki perbandingan berbeda. Namun, biasanya risiko ini rata-rata pertanggungan yang diberikan mencapai US$100.000.

Ganti biaya pengobatan dan perawatan medis

Anda akan mendapatkan pertanggungan bila mengalami sakit ataupun terluka akibat kecelakaan pada waktu melakukan perjalanan dan memerlukan perawatan rumah sakit.

Biaya yang diberikan mencakup biaya pengobatan, biaya rumah sakit, biaya operasi, termasuk pengobatan tradisional yang dialami/terjadi selama dalam perjalanan.

Setiap perusahaan asuransi memiliki perlindungan berbeda. Namun pada risiko ini biasanya perlindungan yang diberikan mencapai US$200.000.

Bila Anda melakukan perjalanan luar negeri, Anda juga akan mendapatkan biaya perawatan setelah pulang dan sampai ke Indonesia.

Biaya perawatan yang diberikan mencapai US$50 untuk perawatan di luar negeri, dan US$35 untuk rumah sakit dalam negeri. Beberapa penyedia asuransi memberikan tunjangan tunai harian ini saat Anda sebagai tertanggung dirawat di rumah sakit lebih dari 24 jam.

Ketidaknyamanan perjalanan

Ini lah risiko yang biasa mengalami klaim. Risiko ketidaknyamanan perjalanan di antaranya adalah hilang atau rusaknya bagasi dan barang milik pribadi, dokumen perjalanan hilang, penundaan bagasi dan penundaan perjalanan lebih dari 12 jam, serta pembatalan perjalanan.

Masing-masing penyedia asuransi memiliki batas waktu yang berbeda untuk risiko penundaan bagasi dan penundaan perjalanan. Ada yang menyediakan pelindungan lebih dari 6 jam dan ada yang menyediakan perlindungan bila lebih dari 12 jam. Nilai atau biaya pertanggungan yang diberikan sesuai batas limit yang tertera di sertifikat polis.

Biasanya biaya perlindungan yang diberikan untuk kehilangan bagasi bisa mencapai US$1.500–3.000. Sementara itu, perlindungan kehilangan dokumen akan diberikan perlindungan biaya pengurusan dan penggantian sebesar US$300-1.000.

Risiko penundaan, perlindungan yang akan diberikan adalah penggantian biaya atau pengeluaran yang timbul untuk pembelian kebutuhan utama seperti baju ataupun peralatan mandi, serta hotel untuk menginap bila penundaan lebih dari 12 jam. Perlindungan risiko ini berkisar US$500 nilai maksimum per 6 jam.

Harta benda rumah atau tempat tinggal

Beberapa asuransi memberikan perlindungan untuk membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan. Berapa biaya perlindungan yang Anda dapatkan saat mengalami risiko ini? Nilainya cukup besar, yaitu hingga US$5.000. (art)