http://asek.us

Saat ini seluruh umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain akan diganjar pahala, semua orang yang berpuasa di bulan ini pun bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang sebelumnya tidak pernah diduga. Ditinjau dari segi agama sendiri, ibadah puasa juga erat kaitannya dengan kondisi kesehatan.

Disebutkan kalau berpuasa adalah salah satu jalan yang bisa membuat orang sembuh dari berbagai macam penyakit. Dan hal ini pun dibuktikan dengan berbagai penelitian kesehatan dalam berpuasa. Lalu, apa sajakah penyakit yang bisa disembuhkan dengan berpuasa tersebut? Berikut uraiannya :

1. Maag

Maag terjadi karena meningkatnya kadar asam lambung di dalam perut. Orang yang terkena penyakit ini biasanya merasakan mual, perih di ulu hati dan lain sebagainya yang tidak mengenakkan. Dan salah satu cara yang bisa menyembuhkan penyakit ini adalah dengan mengatur pola makannya sehari-hari. Dan salah satu cara yang tepat untuk mengatur pola makan yang tidak sengaja dilakukan adalah dengan berpuasa. Oleh karena itulah moment Ramadhan ini bisa dijadikan obat bagi siapa saja yang mengidap penyakit Maag ini.

2. Obesitas

Obesitas atau kegemukan pastinya membuat penampilan seseorang menjadi tidak indah dan menrik lagi. Tapi,tak hanya soal bentuk tubuh, kegemukan juga erat kaitannya dengan kondisi kesehatan. Pasalnya obesitas bisa membuat orang menjadi mudah untuk terkena berbagai jenis penyakit. Oleh sebab itulah, obesitas pun kini dikategorikan sebagai salah satu jenis penyakit yang berbahaya.

Dan salah satu cara untuk menyembuhkan obesitas adalah kembali dengan mengatur pola dan menu yang dimakan. Mulailah pada moment Ramadhan tahun ini untuk anda bisa membuat gizi makanan anda menjadi berimbang dan lambat laun, kebiasaan di bulan Ramadhan ini pun akan membuat anda terbiasa untuk mempraktekkannya di bulan sesudah Ramadhan. Dengan pola makan yang benar dan gizi yang seimbang maka dipastikan akan membuat berat badan anda kembali ideal.

3. Diabetes

Pada dasarnya tidak semua jenis penyakit Diabetes dianjurkan untuk berpuasa. Oleh sebabnya penderita sebelumnya harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum berpuasa. Meskipun pada dasarnya dengan mengatur pola makan dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang penyakit ini bisa disembuhkan. Dan salah satu cara mengaturnya adalah dengan berpuasa. Dan puasa pun bisa jadi obat yang mujarab bagi penderita diabetes atau kencing manis ini.

4. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan darah pada arteri utama. Dan hal ini bisa disembuhkan dengan berpuasa, terutama dengan mengatur pola makan agar tidak mengkonsumsi makanan yang asin dan merangsang terjadinya hipertensi itu sendiri pada buka dan sahur.