http://www.bersatulah.com

Bersatulah.com – Jika anda ingin menghilangkan bau yang timbul akibat makan jengkol maka makanlah petai untuk menghilangkan bau jengkol. Begitu juga sebaliknya. Sebuah guyonan mengenai buah jengkol, karena bau menyengat yang dapat mengalahkan jengkol ya hanya petai, begitu juga bau petai menyengat yang bisa mengalahkan ya buah jengkol.

Pithecollobium Jiringa atau Pithecollobium Labatum atau yang sering kita kenal dengan buah jengkol, buah yang beraroma bau menyengat namun kaya akan manfaat. Populasi terbanyak pohon jengkol terdapat di asia tenggara terutama di thailand dan indonesia dan indonesia adalah populasi pohon jengkol terbanyak di dunia khususnya di jawa barat yang bisa menghasilkan 100 ton perhari untuk di konsumsi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa buah jengkol kaya akan karbo hidrad, protein, vitamin a, vitamin C, fosfor, minyak atsiri dan saponin.

Baca Juga : Sayuran Pahit Kaya Akan Manfaat

Kebanyakan orang indonesia mengkonsumsi buah jengkol langsung dimakan sebagai lalapan dan tak jarang juga yang memasaknya. Makan jengkol dapat menambah nafsu makan.Selain langsung dapat dimakan buah jengkol ini bisa diolah menjadi jajanan yang enak seperti kerupuk jengkor, balado jengkol dan yang lainya.

Baca Juga : Manfaat Paprika (Saudara Cabai)

Manfaat Luar biasa buah jengkol bagi kesehatan kita.


Membantu mempercepat melangsingkan perut yang buncit.

Kandungan serat yang terdapat pada buah jengkol dapat melancarkan buang air besar. apabila anda sulit BAB makanlah jengkol dengan demikian secara tidak langsung akan melangsingkan perut yang buncit. Bisa dikatakan juga sebagai makanan pencuci perut yang ampuh selain buah apel.

Cara ampuh mengobati jantung koroner
Bagi Penderita jantung koroner sangat dianjurkan untuk makan jengkol namun jangan terlalu banyak, sedikit namun rutin. Cara ini sangat ampuh sekali mengobati jantung koroner karena dalam jengkol terdapat berbagai vitamin, mineral jengkolat dan serat tinggi. Dalam jengkol juga terdapat Khasiat diureticyang membantu melancarkan pembuangan urine sehingga menguntungkan untuk penyembuhanya.

Mengobati penyakit diabetes.
Kandungan asam dan mineralnya yang sangat tingi mampu mengobati diabetes yang diderta. Selain itu terdapat asam jengkolat yang apabila kebanyakan mengkonsumsi jengkot akan sangat berbahaya karena ginjal tidak dapat menyaring asam tersebut terlalu banyak, apabila itu terjadi penyakit yang malah akan di derita adalah anyang-anyangen atau kejengkolan.

Menyehatkan untuk ibu hamil.

Tak banyak yang tau bahwa buah yang mempunyai bau menyengai ini bermanfaat bagi ibu hamil, karena kandungan vitamin serta kalsium yang terdapat pada jengkol dapat membantu pertumbuhan tulang pada janin dan juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Kebanyakan ibu yang sedang hamil sering mengalami sembelit, maka makanlah jengkol untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Catatan : Makan jengkol sangan bagus sekali untuk kesehatan namun apabila kebanyakan mengkonsumsinya fatal akibatnya, bisa terkena jengkolen.

Baca Juga : Rahasia Dibalik Jamur Tiram

Demikianlah beberapa manfaat yang terkandung pada buah yang mempunyai bau menyengat ini. semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga : Gizi Sehat Kacang Panjang