PT Best Profit Futures Jakarta

PT Best Profit Futures Jakarta
Bank Dunia turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global

Bank Dunia turunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global

Washington, (ANTARA News) – Bank Dunia pada Selasa menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini, karena negara-negara berkembang sedang menuju pertumbuhan yang mengecewakan, walau negara-negara berpenghasilan tinggi sedang mendapatkan momentum.

Bank yang berbasis di Washington itu memperkirakan ekonomi global akan tumbuh 2,8 persen pada tahun ini, turun dari estimasi Januari sebesar 3,2 persen, menurut laporan Prospek Ekonomi Global yang diterbitkan dua kali dalam setahun.

“Negara-negara berkembang menuju tahun pertumbuhan mengecewakan, karena pelemahan kuartal pertama 2014 telah menunda sebuah ekspektasi peningkatan dalam kegiatan ekonomi,” kata laporan itu.

Cuaca buruk di Amerika Serikat, krisis di Ukraina, penyeimbangan kembali (rebalancing) di Tiongkok dan perselisihan politik di beberapa negara berpendapatan menengah memperlambat kemajuan dalam reformasi struktural, katanya.

Bank Dunia telah menurunkan perkiraan untuk negara-negara berkembang menjadi pertumbuhan sebesar 4,8 persen tahun ini, turun dari estimasi 5,3 persen pada Januari. Ini adalah tahun ketiga berturut-turut pertumbuhan di bawah lima persen untuk negara-negara berkembang.

Namun pertumbuhan diperkirakan akan meningkat menjadi 5,4 persen pada 2015 dan 5,5 persen pada 2016.

Tiongkok diperkirakan akan tumbuh 7,6 persen pada tahun ini, sedikit turun dari estimasi pada Januari sebesar 7,7 persen. Tetapi ini akan bergantung pada keberhasilan upaya “rebalancing”, kata bank itu.

Meskipun terjadi pelemahan pada kuartal pertama di Amerika Serikat, pemulihan di negara-negara berpenghasilan tinggi sedang mendapatkan momentum. Bank Dunia memperkirakan ekonomi akan tumbuh 1,9 persen pada 2014, dan akan meningkat menjadi 2,4 persen pada 2015 dan 2,5 persen pada 2016, demikian Xinhua.

Related Posts

No comments