http://bisnis.liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta – Selain berfungsi untuk melindungi tubuh, pakaian juga dapat mendongkrak performa kerja seseorang. Penelitian terbaru Kellogg School of Management, menunjukkan jika pakaian dapat membuat pria dan wanita menjadi lebih sukses di tempat kerja.

Hal itu biasa disebut efek jas lab, di mana seseorang menjadi lebih percaya diri saat bekerja ketika menggunakan pakaian tertentu.

Umumnya, saat bekerja seseorang memang akan terlebih dulu memikirkan pakaian yang mengesankan, dan respons rekan kerja terhadap pakaian yang digunakan tersebut. Tapi studi ini menunjukkan jika sebenarnya kita juga terkesan dengan diri sendiri.

Christian Jarrett dari 99u seperti mengutip laman PayScale, Jumat (7/8/2015), mengatakan, “Studi menunjukkan jika siswa mengalami peningkatan fokus perhatian, dan  konsentrasi saat mengenakan jas laboratorium putih.” Siswa dikatakan berpikir memakai jas putih sebagai simbol kesuksesan.

Jadi, baga‫imana memilih baju yang bisa memberikan dampak kesuksesan pada diri kita?. Sepertinya, mulai saat ini Anda dapat menggunakan jas lab di laboratorium atau setelan bisnis saat kantor.

Karena mengesankan orang lain, dan diri kita sendiri dapat membantu kita menjadi lebih sukses di tempat kerja. Ini bisa menjadi alasan yang baik untuk tidak berpakaian asal-asalan saat bekerja.(Ilh/Nrm)