http://investasi.kontan.co.id

TOKYO. Mayoritas saham yang diperdagangkan di bursa Asia dibuka positif pada transaksi perdagangan hari ini (26/5). Dengan demikian, kenaikan bursa Asia sudah memasuki hari ketiga.

Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 09.31 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3% menjadi 141,28.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Asia. Beberapa di antaranya yakni Nikon Corp yang naik 5% di Tokyo, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc naik 2,3% di Tokyo, dan Naver Corp anjlok 1,4% di Seoul.

Adapun sentimen yang mempengaruhi bursa Asia pagi ini adalah data positif ekonomi AS yakni kenaikan penjualan rumah baru sehingga mendongkrak tingkat kepercayaan konsumen di AS.

“Sejumlah indikator memberikan sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi AS kembali rebound pada kuartal ini,” jelas Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investors Ltd. Dia menambahkan, tren market secara keseluruhan diprediksi akan naik.

“Pasar saham secara fundamental masih diminati dengan valuasi yang sesuai. Selain itu, kinerja emiten secara global juga semakin membaik dan kondisi kebijakan moneter masih akan diperlonggar untuk sementara waktu,” paparnya.

Sementara itu, indeks Topix Jepang naik 0,8%, indeks Kospi Korea Selatan turun 0,1%, indeks NZX 50 Selandia Baru tak banyak mencatatkan perubahan, dan indeks S&P/ASX 200 Australia naik 0,1%.