PT. BESTPROFIT FUTURES

Dolar Australia menyentuh level terendah di 0.8053 terhadap Dolar AS pada awal Sesi Asia (05/01) setelah liburan hari ini, melanjutkan penurunannya ke level terendah dalam lima tahun. Namun tak lama kemudian, pair AUD/USD terkonsolidasi naik sebanyak 0.02 persen ke posisi 0.8081.

seputarforex.com

Kemelorotan Aussie ini menyusul laporan AI Group yang menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur Australia melambat pada bulan Desember. Manufaktur Australia jatuh sebanyak 3.2 poin ke posisi 46.9 pada bulan Desember. Angka di bawah level 50 tersebut mengindikasikan adanya kontraksi.

Dolar Australia membuka sesi perdagangan lokalnya pada Senin pagi ini di level rendah meskipun pasar sempat dikecewakan oleh data Amerika Serikat yang meleset dari perkiraan, sehingga greenback pun reli terhadap hampir semua mata uang mayor.

Pada pekan ini, para investor akan memusatkan perhatian mereka pada data Non Farm Payroll (NFP) Amerika Serikat yang akan diumumkan pada hari Jumat mendatang. Laporan tersebut akan memberikan tambahan indikasi mengenai pemulihan ekonomi AS.

EUR/AUD

Sedangkan terhadap Euro, Aussie masih lebih kuat dengan EUR/AUD yang jatuh dari 1.5332 ke kisaran 1.4760. Pelemahan Euro terhadap Aussie ini telah berlangsung sejak pertengahan Desember. Krisis Zona Euro belum berakhir, bahkan inflasi Zona 18 negara ini masih berada pada posisi 0.3 persen pada bulan November.

PT. BESTPROFIT FUTURES