http://www.seputarforex.com

Dolar Australia mendapat perolehan pada Selasa (21/10) pagi ini setelah rilisnya serangkaian data ekonomi Tiongkok serta rilis notulensi rapat Bank Sentral Australia (RBA) untuk bulan Oktober. AUD/USD diperdagangkan pada posisi 0.8810 naik 0.29% dari sebelumnya.

aud_usd

Data Ekonomi Tiongkok Cerah

Tiongkok merupakan negara partner perdagangan nomor satu bagi Australia. Dan telah diumumkan bahwa indeks GDP Tiongkok pada kuartal ketiga mengalami kenaikan 7.2 persen tahun ini, sesuai dengan ekspektasi. Sementara itu, output industri untuk bulan September mengalami kenaikan 8.0 persen tahun ini, mengungguli ekspektasi kenaikan 7.5 persen. Penjualan retail Negeri Tirai Bambu pada bulan yang sama mendapat perolehan 12 persen di atas estimasi 11.8 persen.

Sebelum banjir data dari Tiongkok, notulensi rapat RBA untuk bulan Oktober ini juga telah dirilis. Tercatat bahwa para pejabat bank sentral tersebut masih akan mempertahankan kebijakan moneter saat ini dengan terus menyesuaikan pada kelanjutan pertumbuhan permintaan dan inflasi.

Kebijakan akan dilaksanakan secara konsisten sesuai rencana untuk mencapai target pada periode berikutnya. Para anggota dewan RBA menyadari bahwa keputusan terbijak untuk masa ini adalah penyesuaian periode stabilitas dalam suku bunga. Siang nanti, Debuti Gubernur RBA dijadwalkan akan memberikan pidatonya.