Antisipasi Kebijakan Bank Sentral, Pasar Saham Asia Melemah

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari viva.co.id

225983_pialang-di-tokyo-stock-exchange_663_382Perdagangan di pasar saham Asia hari ini cenderung berhati-hati karena investor menunggu keputusan bank sentral Jepang dan Eropa.

 

Seperti diberitakan CNBC, Kamis 4 September 2014, Bank of Japan diharapkan untuk mengambil langkah terkait kebijakan moneter. Para pelaku pasar akan menyoroti komentar mengenai data-data yang begitu deras menunjukkan ekonomi melemah sebagai akibat dari kenaikan pajak penjualan bulan April.

 

Selain itu, sorotan pasar juga akan mengarah pada pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa. Investor mengantisipasi pertemuan itu bisa mengungkap langkah-langkah stimulus baru setelah ada data aktivitas pabrik dan inflasi yang suram.

 

Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini turun 0,2 persen. Indeks acuan pasar saham Jepang Jepang ini mengambil nafas setelah berakhir di posisi tertinggi dalam rekor selama tujuh bulan di dua sesi terakhir.

 

Saham Sony mereda 0,2 persen setelah meluncurkan dua perangkat baru pada hari Rabu dalam upaya untuk meningkatkan penjualan di bisnis mobile.

 

Indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney melemah 0,2 persen. Indeks patokan pasar saham Australia ini memperpanjang kerugian menjadi hari kedua menjelang penjualan rilis data ritel bulan Juli dan beraca perdagangan.

 

Saham Fortescue Metals reli lebih dari 1 persen setelah melaporkan bahwa pengiriman bijih besi Agustus naik ke rekor tinggi.

 

Adapun indeks Kospi di bursa Seoul naik 0,5 persen. Indeks utama pasar saham Korea Selatan ini rebound berkat saham Samsung Electronics melonjak 2 persen setelah perusahaan meluncurkan dua perangkat baru di New York.

 

Investor juga mencermati revisi data produk domestik bruto (PDB) kuartal kedua yang naik 0,5 persen atau lebih rendah dari estimasi serta tidak melampaui kenaikan 0,6 persen pada kuartal pertama. (ita)