http://www.merdeka.com

Merdeka.com – Billy Boen penulis buku Young on Top, mengkritik perilaku anak muda yang mengaku ingin sukses, tapi tidak mempunyai respect terhadap orang lain. Rata-rata mereka hanya hormat pada orang yang status sosialnya lebih tinggi. Sebaliknya, mereka tak punya penghormatan pada yang lebih rendah.

“Memang gampang melakukan hal tersebut kepada orang yang posisinya lebih tinggi atau orang yang kamu hormati,” kritik Billy seperti dikutip dalam buku edisi terbarunya, Kamis (19/3).

“Tapi apakah kamu melakukan hal yang sama bila yang datang kepadamu office boy?” tanya Billy.

Billy mengaku dulu dirinya begitu, apalagi di umur 25 dia sudah menjadi manajer perusahaan asing. Namun kebiasaan ini berubah saat dia belajar dari kebiasaan mantan presiden Amerika Bill Clinton.

Bill Clinton mampu berfokus total terhadap lawan bicaranya. Orang yang sedang bicara akan merasa dirinya penting. Sebenarnya yang dia lakukan hanya menaruh seratus persen perhatian kepada lawan bicaranya,” kata Billy mengutip buku What Got You Here Won’t Get You There karya Marshal Goldsmith.

Billy percaya siapapun yang mampu melakukan hal seperti Bill Clinton akan mendapatkan respect dari orang sekelilingnya. Ini adalah sebuah hal yang penting jika seorang mau sukses.