Bestprofit Futures Jakarta

Terdapat beberapa kondisi yang membuat anak harus mengonsumsi susu formula kedelai atau soya. Susu ini merupakan susu formula bebas laktosa untuk anak yang mengalami alergi terhadap protein susu sapi. Namun, amankah bila anak diberikan susu formula kedelai setiap hari?

Di dalam susu kedelai terdapat isolat protein kedelai sebagai bahan dasar. Isolat ini memiliki kandungan protein yang tinggi, bahkan setara dengan susu sapi. Karbohidrat yang terkandung di dalam susu kedelai, yaitu maltodrextrin, merupakan jenis karbohidrat yang dapat ditoleransi oleh sistem pencernaan anak dengan kondisi alergi terhadap susu sapi.

American Academy of Pediatrics (AAP) juga menyatakan bahwa susu formula kedelai merupakan alternatif yang masuk akal untuk anak yang tidak bisa mentolerir susu sapi maupun laktosa yang ditemukan dalam susu sapi. Sebetulnya, kandungan susu formula kedelai kurang lebih sama dengan susu sapi. Kandungan kalsium dan fosfor pada susu formula kedelai memiliki perbandingan dua banding satu untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak. Tak hanya itu, susu ini juga ada yang mengandung omega 3 dan 6 untuk mendukung tumbuh kembang otak.

Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, susu formula kedelai bisa digunakan. Sebab, susu ini mengandung cukup gizi yang dibutuhkan anak, seperti vitamin, mineral, energi dan tentu saja protein. Sementara itu, beberapa orang memang masih mempertanyakan kandungan fitoestrogen yang bisa memengaruhi perkembangan alat reproduksi.

Fitoestrogen yang terkandung di dalam susu kedelai berbentuk isoflavon yang merupakan fitokimia dan memiliki pengaruh terhadap endokrin dan perkembangan alat reproduksi. Namun demikian, menurut AAP, tidak ada bukti dari riset pada hewan maupun manusia yang mengonsumsi susu kedelai dalam jangka waktu pendek atau panjang terhadap reproduksi. Bahkan sebaliknya, fitoestrogen justru memiliki manfaat dalam meningkatkan antioksidan. Selain itu, karena kadar lemaknya rendah maka konsumsi susu kedelai bisa mencegah penyakit jantung koroner.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)