Ajukan Kredit Tanpa Agunan, Perhatikan Langkah-langkah Ini

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari viva.co.id

best profit 3cKredit tanpa agunan (KTA) adalah produk keuangan yang bisa digunakan ketika Anda memerlukan uang pinjaman. Salah satu keuntungan KTA dibanding bentuk pinjaman lainnya adalah Anda tidak perlu menjadikan aset berharga Anda sebagai jaminan.

 

Karena bebas agunan, KTA menjadi pilihan banyak orang. Selain itu, proses pengajuan KTA juga relatif mudah, ada bank yang bisa mencairkan dana dalam satu hari asal semua syarat terpenuhi.

 

Ada beberapa hal yang Anda harus pahami sebelum mengajukan agunan. Hal pertama adalah plafon kredit, atau nilai maksimum yang Anda boleh pinjam. Umumnya, bank bersedia memberikan KTA berkisar dari Rp 3 juta – Rp 200 juta.

 

Hal kedua yang Anda harus catat adalah tenor, yaitu lamanya Anda harus mencicil pembayaran cicilan Anda. Biasanya, tenor berkisar antara 12 bulan – 60 bulan.

 

Plafon dan tenor disesuaikan dengan penghasilan Anda, dan karena itu, Anda harus menyertakan bukti penghasilan Anda ketika mengajukan KTA.

 

Poin ketiga yang Anda harus mengerti sebelum mengambil KTA adalah bunga pinjaman yang dibayarkan bersama cicilan bulanan. Bunga pinjaman pun beragam, dan ada bank yang bersedia menysuaika bunga pinjaman dengan pekerjaan Anda. Misalnya, ada bank yang mengenakan bunga flat 1,49% perbulan untuk pengaju berstatus karyawan dan 1,69% bagi yang berstatus wirausahawan.

 

Anda juga perlu mengigat bahwa bank mengenakan biaya provisi, atau biaya tahunan, atas KTA Anda. Namun, ada bank yang membebaskan biaya provisi untuk pinjaman diatas Rp 50 juta sedangkan mengenakan 3% untuk pinjaman dibawah Rp 50 juta.

 

Keempat poin diatas akan mempengaruhi cicilan bulanan Anda, jadi pintar-pintarlah menghitung besaran cicilan bulanan Anda sebelum mengajukan KTA. Jangan sampai Anda kesusahan membayar cicilan bulanan Anda.

 

Kemudahan mengajukan KTA memang sangat mengiurkan, khususnya bagi Anda yang membutuhkan dana tambahan. Walaupun bank tidak mengatur bagaimana Anda menggunakan dana pinjaman, sebaiknya Anda tidak menggunakan KTA untuk keperluan konsumtif, seperti membeli perhiasan atau televisi layar datar.

 

Gunakan KTA untuk membiayai pengeluaran produktif seperti menambah modal usaha atau untuk merenovasi rumah Anda.

 

Jika Anda ingin membiayai keperluan konsumtif, sebaiknya Anda menggunakan alat keuangan lainnya, seperti kartu debit atau kartu kredit. Anda tidak perlu meminjam berpuluh juta rupiah hanya untuk membeli gadget atau sepeda motor baru. (ren)