Bestprofit Futures Jakarta

Butuh pengawasan khusus dalam mendidik anak di usia tumbuh kembangnya. Sebab di usia tersebut anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan tahap tersebut menjadi pembentukan kepribadian anak.

Sebagai orangtua tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik agar anak menjadi pribadi yang hebat. Seperti dikutip laman Woman’s Day, Rabu (17/8/2016) tujuh hal ini penting bagi orangtua untuk mengajarkan kepada si kecil pada usia sedini mungkin.

1. Bohong tentang kematian

Berhenti mengatakan bahwa orang-orang terdekat yang wafat sedang tertidur. Sebab anak akan mengharapkan orang tersebut untuk bangun dan kemungkinan kedua anak akan menjadi sangat takut untuk tidur.

2. Jangan melarang anak

Jika anak tidak belajar dan mencoba sesuatu hal, anak akan kesulitan menghadapi situasi ke depan di masa pertumbuhan mereka.

3. Memberi julukan pada alat kelamin

Penting untuk mengajarkan nama alat kelamin pada anak yang sebenarnya dan hindari memberikan istilah lain atau julukan. Misalnya memberi istilah vagina adalah pintu depan atau bokong adalah pintu belakang, hal ini akan berakibat buruk di dalam lingkungan sosialnya.

4. ¬†Terlalu sering bilang “Kamu anak jenius”

Hindari memberikan pujian secara langsung kepada anak. Sebab terlalu sering memuji anak akan membuat anak menjadi pribadi yang besar kepala. Berikan pujian dengan menyuruh anak untuk belajar lebih giat lagi atau menanyakan bidang pelajaran yang mereka sukai dengan cara tersebut anak akan merasa terdorong rasa ingin tahu dan menggali ilmu lebih dalam.

5. Jangan biarkan anak meninggalkan piring bekas makannya di meja makan

Mengajarkan anak untuk membersihkan piring makannya sedini mungkin akan lebih baik agar anak terbiasa disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab.

6. Hindari kontak tubuh dengan orang yang lebih tua

Memeluk atau mencium orang yang lebih tua seperti paman atau bibi dan kerabat lainnya benar-benar perlu dihindari. Hal tersebut menjadi tindakan yang kurang sopan, biasakan anak untuk berjabat tangan dengan kerabat sejak dini.

7. Abaikan orang asing

Orangtua perlu memperingati atau memberikan pesan kepada anak untuk mengabaikan orang asing yang menghampirinya jika tak bersama Anda.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)