8 Cara Agar Lebih Produktif Saat Bekerja

http://bisnis.liputan6.com

Liputan6.com, New York – Dalam bekerja, tidak pernah ada kata cukup waktu dalam sehari. Rapat, menjawab telepon, dan membaca surat elektronik, itu semua bisa membuat pikiran teralihkan dari menyelesaikan pekerjaan.

Fortune.com pada Rabu, (17/6/2015), merangkum 8 hal yang bisa membuat Anda bekerja dengan lebih produktif:

1. Lewatkan rapat yang tidak perlu

Rapat akan efektif untuk bertukar pikiran dan berinteraksi tatap muka. Selain daripada itu, tidak akan ada gunanya.

Pergilah ke pertemuan yang Anda rasa  perlukan. Hadir dan berpartisipasi di dalamnya, jangan terus-menerus melihat telepon Anda.

2. Istirahat di luar kantor

Sepertinya tidak produktif ketika pekerjaan Anda sedang banyak. Tapi cobalah meluangkan waktu beristirahat di luar kantor. Ini seperti upaya menekan tombol reset di kepala. Pikiran tidak lagi suntuk dan bisa menyegarkan kembali perspektif Anda.

3. Ciptakan lingkungan kerja yang rapi

Ini berlaku untuk dokumen dalam komputer dan di meja kerja. Kalau Anda tahu di mana letak dokumen yang diinginkan, Anda jadi tidak membuang waktu mencarinya.

Meja yang rapi berarti pikiran juga demikian. Pikiran yang tertata membuat seseorang lebih siap menangani padatnya jadwal kerja.

4. Mulailah hari Anda lebih awal

Masuk kerja lebih awal dan buatlah jadwal satu hingga dua jam tanpa interupsi dari manapun. Ini memberi Anda waktu untuk membaca surat elektronik dan  menyelesaikan hal-hal yang penting. Siang harinya, Anda bisa mempunyai waktu untuk rapat atau jadwal yang tidak terencana lainnya.

5. Jangan menjadi penghambat tim

Produktivitas sebuah tim mencerminkan diri Anda. Selalu pastikan Anda memberi apapun yang anggota tim butuhkan, sebelum fokus dengan proyek pribadi.

6. Selalu berkomunikasi

Komunikasikan dengan kolega atau bos jika Anda ingin melewatkan rapat atau ada prioritas lain yang ingin Anda Kerjakan. Bertanya tentu lebih baik daripada  berasumsi yang bisa membuang-buang waktu.

7. Pilih opsi silent pada ponsel Anda

Aktifkan opsi silent pada telepon seluler, kecuali untuk panggilan telepon darurat. Kalau pikiran Anda terus teralihkan dengan nada ping atau buzz dari  ponsel, tentu membuat pekerjaan jadi tidak kunjung selesai.

8. Konsisten dengan jadwal di kalender

Cari aplikasi ponsel untuk mencatat jadwal pekerjaan Anda. Cara ini bisa membantu untuk mengetahui jumlah waktu yang Anda miliki untuk bekerja, menghadiri rapat, dan lainnya.

Reporter: Elsa Analet