PT Bestprofit Futures

Asuransi merupakan jenis perlindungan yang patut dimiliki oleh setiap orang, pasalnya, dengan tidak adanya asuransi, ini berarti mereka tidak memiliki dana cadangan ketika suatu musibah terjadi dan mereka tidak dapat melindungi diri atau keluarga mereka. PT Bestprofit Futures

Di Indonesia, pemilik asuransi masih tergolong sedikit, 3 dari 5 orang di Indonesia, tidak memiliki asuransi, baik untuk menghadapi risiko kematian atau risiko kesehatan.

Padahal survei menunjukkan bahwa ketika suami tertimpa musibah, istri yang tidak memiliki asuransi akan mengalami penurunan kualitas hidup karena tidak adanya proteksi keuangan.

Meningkatnya biaya pengobatan juga merupakan salah satu alasan asuransi sangat dibutuhkan.

Walau begitu ada banyak alasan seseorang tidak memiliki asuransi, dan salah satunya adalah mahalnya premi asuransi. Padahal mempunyai asuransi tidak berarti harus selalu mahal, berikut adalah tips untuk mendapatkan premi murah:

1.    Mulailah sejak dini

Semakin tinggi usia seseorang, risiko kematian akan semakin tinggi, karena tingginya risiko ini, premi asuransi akan meningkat juga. Hal ini menjelaskan mengapa orang tua diharuskan membayar premi lebih mahal dibandingkan anak muda.

Jangan menganggap bahwa usia muda kebal dengan segalanya, karena musibah dapat menimpa siapa saja. Dengan memulai asuransi dari usia muda, tidak hanya premi yang harus Anda bayarkan lebih rendah, Anda pun akan terlindung mulai dari dini.

2.    Asuransi jiwa murni

Telah banyak asuransi yang menawarkan embel-embel investasi di mana pada pemegang polis dapat menarik nilai tunai atau investasi tersebut dan tentunya untuk mengantisipasi hal ini, pihak asuransi harus menaikkan jumlah premi agar dana tercukupi.

Jika Anda ingin memiliki asuransi dengan premi yang lebih murah, pilihlah asuransi jiwa murni.

Asuransi ini dikenal dengan sebutan term life insurance, ini adalah asuransi yang hanya memberikan proteksi jiwa.

Perjanjiannya, jika tertanggung meninggal dunia, pihak penanggung (asuransi) harus membayar uang pertanggungan pada ahli waris dan pihak asuransi tidak perlu melakukan pengembalian premi.

Asuransi jenis ini memiliki premi yang cukup murah karena tidak mempunyai nilai investasi sehingga tidak banyak potongan untuk komisi.

3.    Memilih manfaat tambahan dengan cermat

Agen asuransi akan selalu menawarkan rider (manfaat tambahan seperti perlindungan terhadap penyakit kritis, kecelakaan atau kesehatan) karena mereka akan mendapatkan komisi jika berhasil menawarkannya.

Tetapi dengan mengambil rider, premi Anda akan menjadi lebih mahal. Walaupun rider diperlukan, sebaiknya lakukan pertimbangan dengan matang.

4.    Gunakan asuransi keluarga

Asuransi yang ditawarkan untuk keluarga saat ini ada yang terpisah dan ada yang jadi satu. Terpisah berarti setiap anggota keluarga harus mempunyai asuransi terpisah, dan membayar premi dari polis yang berbeda.

Sedangkan pada sistem kedua, tertanggung hanya perlu membeli 1 asuransi keluarga, dan biasanya cara kedua ini akan lebih murah karena hanya diperlukan 1 polis asuransi.

5.    Pengembalian uang sesuai tagihan

Terdapat dua metode berbeda mengenai reimbursement biaya rawat inap rumah sakit, yaitu:

•    Sesuai inner limit, di mana batas maksimum (inner limit) akan ditentukan oleh pihak penanggung.

•    Sesuai tagihan, ini berarti pihak penanggung akan mengganti berapapun biaya tagihan perawatan rumah sakit selama limit tahunan masih tersedia.

Cara kedua akan lebih menguntungkan Anda karena tidak perlu membayar biaya perawatan dengan uang sendiri. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani oleh biaya premi dan biaya perawatan.

6.    Hindari asuransi semur hidup

Logikanya, semakin lama Anda terlindungi, akan semakin mahal juga preminya, ini berarti asuransi yang melindungi Anda hingga umur 99 tahun akan lebih mahal dibandingkan dengan asuransi yang melindungi hingga umur 70 tahun.

Walaupun terlihat sangat bermanfaat, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan proteksi anggota keluarga dengan dampaknya pada premi.

Salah satu cara untuk mendapatkan premi murah adalah dengan mengambil asuransi hingga usia tertentu.

Terlindungi tidak seharusnya mahal

Setelah mengetahui 6 tips ini, seharusnya Anda mulai paham bahwa asuransi sebenarnya cukup terjangkau.

Mulailah melindungi diri dan keluarga Anda sedini mungkin sehingga senantiasa siap apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

( mfs – PT Bestprofit Futures )