6 Strategi Marketing Paling Jitu dalam Dunia Bisnis

BEST PROFIT FUTURES –¬†Marketing atau pemasaran adalah kunci untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan dari bisnis yang anda jalankan, baik itu bisnis di bidang jasa atau komoditi, dan transaksi itu hanya akan terjadi jika produk anda dikenal oleh masyarakat sebagai konsumen. Cara-cara memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat luas dan cara untuk mengembangkan bisnis anda inilah yang disebut strategi marketing atau strategi pemasaran. Setiap pebisnis mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menjalankannya. Di bawah ini akan dibahas 6 strategi pemasaran umum yang berlaku untuk semua jenis usaha.

  1. Melihat minat konsumen

Anda harus pintar melihat apa yang sedang banyak diminati atau sedang menjadi trend masyarakat sekarang ini. Apa yang sedang menjadi trend di tahun ini belum tentu menjadi trend di tahun selanjutnya. Jadi anda harus pintar-pintar mengikuti perkembangan jaman dan menawarkan sesuatu atau produk-produk yang baru di dalam bisnis anda. Tidak hanya mengikuti trend, anda juga bisa memperkenalkan trend baru kepada masyarakat melalui bisnis anda.

  1. Pilih lokasi

Pemilihan lokasi terkadang sangat penting dan menjadi perhatian para pebisnis. Lokasi merupakan salah satu cara dalam strategi marketingyang dapat mengembangkan bisnis anda. Misalnya saja anda sedang berbisnis properti seperi rumah atau apartemen, anda harus pintar memilih lokasi yang baik untuk properti sehingga akan memberi perasaan nyaman kepada para calon konsumen anda. Tentunya selain lokasi strategis yang perlu anda perhatikan, tingkat kebersihan dan keamanan bisnis anda juga harus menjadi prioritas utama.

  1. Melakukan promosi

Strategi marketing yang satu ini sangat wajib anda lakukan dalam pengembangan bisnis anda. Anda harus melakukan promosi untuk memperkenalkan bisnis anda kepada masyarakat luas. Jenis promosi yang dapat anda lakukan bermacam-macam mulai dari penyebaran pamflet, brosur, membuat spanduk atau poster dengan desain menarik, melakukan promosi melalui media massa seperti koran dan majalah, media elektronik seperti televisi dan radio serta jangan lupakan pula promosi melalui jaringan internet.

  1. Harga terjangkau dan diskon

Harga adalah hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan. Masyarakat tentu saja tertarik dengan produk-produk berharga terjangkau dan berkualitas baik. Anda juga dapat memberikan diskon untuk beberapa produk anda di momen-momen tertentu seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

  1. Bangun hubungan baik dengan konsumen

Membina hubungan baik dengan konsumen dan para pelanggan anda tentunya akan sangat membantu anda dalam mengembangkan bisnis. Salah satu strategi marketingini adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah dan menyenangkan dimana hal ini akan sangat membangun sebuah komunikasi yang baik antara anda dengan konsumen. Dengan begitu para konsumen akan merasa nyaman berbelanja atau berbisnis dengan anda.

  1. Mengelola bisnis dengan tekun

Salah satu cara yang wajib anda lakukan dalam pengembangan bisnis anda adalah dengan mengelolanya secara baik dan tekun. Ketekunan dan keuletan anda dalam bisnis yang anda jalankan akan sangat berpengaruh dalam kemajuan bisnis anda. Jangan pernah putus asa ketika bisnis anda sedang sepi atau jatuh dan jangan pernah sombong ketika bisnis anda sudah dikenal banyak orang. Intinya tetap tekun dan fokus untuk mengelola usaha yang anda jalankan.

Demikianlah 6 strategi marketing dalam dunia bisnis yang sangat berpengaruh untuk kemajuan bisnis anda. Anda bisa mencobanya dari sekarang jika anda seorang yang baru dalam berbisnis. Jangan pernah ragu untuk mencoba karena anda tidak akan pernah mengetahui hasilnya jika belum mencoba. Semoga bermanfaat.