http://mediabisnisonline.com

Setiap orang harus berkembang, bukan untuk apa yang dia kerjakan saat ini, tapi lebih untuk membantunya sukses menjalankan rencana di masa depan. Para entrepreneur apalagi, mereka harus punya terobosan baru setiap harinya agar bisnis yang ia dirikan bisa berkembang.
Aristoteles pernah menulis, “Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali. Keunggulan bukanlah sebuah tindakan tapi kebaisaan” Dan seringkali kebiasaan yang kita lakukanlah yang menentukan berhasil atau tidaknya kita melakukan sesuatu.

Ada beberapa contoh kebiasaan buruk yang bahkan membuat para entrepreneur gagal menggapai sukses yang mereka inginkan.

1. Tidak percaya diri

Bukan hal yang aneh jika para entrepreneur muda memiliki rasa tidak percaya diri yang besar. Banyak dari mereka yang merasa minder karena banyak hal, contohnya saja modal yang tidak seberapa, ide bisnis yang masih mirip dengan pesaing, model bisnis yang biasa – biasa saja, sampai keuntungan yang tidak seberapa. Mereka merasa kurang percaya diri dengan bisnis yang mereka jalani. Padahal usia dan bahkan pendidikan tinggipun bukanlagi patokan utama seseorang suskes membangun bisnisnya.

Buktinya saja banyak pemilik bisnis yang masih berusia muda sukses membangun bisnis mereka. Contohnya saja Juwadi Harjo yang masih berusia 20 tahunan ini sukses membangun bisnis di bidang fashion pria secara online. “Tapi karena keinginan saya untuk bisa sukses selain di bangku kuliah, tentunya ini bukan lagi menjadi suatu halangan bagi saya” Begitulah setidaknya yang menjadi patokan Juwadi untuk berani berkarir menjadi entrepreneur di usia muda.

2. Memilih menetap di zona nyaman

Untuk sukses ada banyak hal yang harus dicoba, dilakukan dan bahkan ditantang dari diri kita sendiri. Salah satunya yaitu berani keluar dari zona nyaman kita selama ini. Pasti kita punya suasana dan aktivitas yang membuat kita enggan menggantinya dengan yang lain. Tapi apakah itu membantu kita berkembang? Belum tentu. Justru kita tidak akan mengenal hal lain selain yang kita lakukan sekarang. Untuk sukses, berani mencoba hal seekstrim apapun itu harus dilakukan. Bahkan jika gagal itulah yang dijadikan pelajaran untuk kita melangkah selanjutnya.

Bapak Juki pemilik dari Babyku.co.id adalah salah satu entrepreneur online yang sukses karena komitmennya yang berani keluar dari zona nyaman. Menjadi karyawan di Singapura dengan pekerjaan dan penghidupan yang lebih dari sekedar cukup membuatnya jenuh dan justru ingin mencoba hal baru, yaitu menjadi seorang entrepreneur di Indonesia. Alasan yang sederhana saat kami menanyakan apa alasan beliau mau menjadi seorang entrepreneur. “Karena saya mau membawa dampak perubahan bagi Indonesia, yang dapat dikenal dari ‘keunikan’ usaha sewa kostum anak ini. Ada visi yang bisa saya ekspresikan”

Untuk sukses, zona nyaman harus bisa kita tinggalkan. Mencoba dan menjalani hal yang benar-benar baru justru akan membuat kita lebih tertantang.

3. Dipengaruhi aturan negatif

Pernahkah kamu menyadari setiap hari kita akan mengeluarkan banyak pikiran baik positif maupun negatif. Pernahkan kamu pikirkan darimana saja pikiran itu berasal? Tentu saja bukan hanya dari dalam diri kita, tapi juga dari lingkungan dan dari orang disekitar kita. Untuk menjadi sukses bukankah kita harus bisa mengelola setiap pikiran yang kita miliki.

Untuk memiliki pikiran positif, maka kita harus mengurangi bahkan menghapus setiap pikiran negatif. Dari dalam diri sendiri bahkan dari pengaruh orang lain. Untuk masalah pikiran positif dan negatif memang hanya kitalah yang tahu seberapa besar itu mempengaruhi kita dan seberapa harus kita menggunakannya.

4. Hidup di masa lalu

Tidak ada orang yang sukses saat dia tidak bisa keluar dari kehidupan masa lalu. Baik atau buruk, masa lalu adalah tempat kita belajar dari setiap pengalaman yang sudah kita alami. Mengingat atau nostalgia memang tidak salah, tapi itu akan merusak saat sudah melampaui batas kita memikirkan masa depan. Bagi mereka yang pernah mengalami kegagalan, sebaiknya itu dijadikan pelajaran, bukan malah penghambat untuk terus berjalan.

“Tentu saja karena melalui kegagalan tersebut kita dapat menyadari hal-hal penting yang tidak kita sadari sebelumnya dalam kehidupan kita begitu juga dengan bisnis” Begitulah yang diyakini oleh seorang Fajar Teguh, pemilik Belikulit.com. Kegagalan di masa lalu bukanlah penghambat. Bahkan jika ingin terus maju, jangan pernah sedikitpun memilih untuk hidup di masa lalu.

5. Melakukan penundaan

Menyangkal sekuat apapun kita pasti salah satu yang pernah bahkan sering melakukan penundaan dalam pekerjaan. Penundaan bisa terjadi saat kita mulai bosan melakukan rutinitas yang itu-itu saja. Kita yang kurang menikmati proses pekerjaan justru mencari pelampiasan lainnya agar tidak bosan mengerjakannya. Padahal itulah titik dimana penundaan terhadap pekerjaan kita.

Sukses adalah saat kita bisa memanfaatkan waktu dan kebosanan kita dengan hal yang lebih bermanfaat. Bukan malah meninggalkan dan tidak menyelesaikannya. Jika bosan dengan cara kerja yang itu-itu saja, carilah ide untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang berbeda supaya tidak mudah bosan, dan perhatian kita juga tidak mudah teralihkan dengan hal yang lainnya.

6. Mudah putus asa

Tantangan memang harus kita ambil dan kita hadapi. Bahkan sesulit apapun itu, pastikan jika selalu ada jalan untuk melaluinya. Mereka yang sukses bukanlah mereka yang mudah berputus asa. Mereka terus berjuang demi bisa menggapai apa yang mereka impikan.

Rasa lelah pasti ada, apalagi saat pekerjaan belum selesai dan masih harus dihadapkan dengan kritik ini itu yang memecah telinga. Tapi putus asa usahakan tidak ada di dalam kamus sukses kamu. “ingat tujuan awal kita dalam membuat usaha ini, jika kita selalu ingat tujuan itu maka kita tidak akan mudah putus asa dalam menghadapi kegagalan” Inilah yang dijadikan pedoman bagi seorang Andrie Wurdianto pemilik Soundshusky.

Untuk sukses memang bukan perkara mudah, tapi saat terpikir menyerah dan putus asa, ingatlah setidaknya apa alasan kamu dulu mau memulai berbisnis.

Nah, kebiasaan seperti inilah yang tidak boleh dilakukan lagi. Bahkan jika harus hilangkan saja dari kamus sukses kamu. Kamu yang mau memulai berbisnis dan berkarir apapun itu, cobalah lakukan kebiasaan yang baik dan berfikir lebih positif. Banyak hal sulit yang ternyata bisa kita lakukan sekalipun benar-benar membuat kita ingin menyerah. :)