Bestprofit Futures Jakarta

Internet sudah jadi bagian kehidupan sehari-hari. Rasanya hampa tanpa smartphone kesayangan kamu di tangan dan tidak terhubung ke sinyal internet. Kuota internet cukup, telepon, dan SMS lancar, tapi saat buka browser atau menjalankan fungsi aplikasi yang butuh koneksi internet, kamu gagal terhubung.

Jangan buru-buru menghubungi operator hanya untuk memastikan kenapa internet kamu nggak jalan. Karena sebetulnya kamu sendiri sudah bisa mengatasinya dengan mudah. Berikut adalah hal yang perlu kamu perhatikan saat sinyal internet hilang.

6 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Sinyal Internet Hilang

1. Pastikan Pengaturan APN Kamu Sudah Benar

ios8_4--id--telkomsel_internet

Handphone oke, flagship, kelas atas, sudah yang paling trendi masa kini. Waktu kamu hubungi operator dan disarankan tentang pengaturan APN atau Access Point Name atau Titik Nama Akses, kamu bingung dan tanya dimana pengaturan itu ditemukan. Sudah dijelaskan, tapi kamu tidak tahu persisnya dimana. Yang ada kamu tambah kesal, operatornya juga kesal, internet kamu nggak beres-beres. Be aware! Masalah sinyal hilang ini bukan masalah yang setiap hari yang seharusnya kamu temukan. Jadi cari tahulah lebih dulu.

Umumnya untuk settingan APN atau Titik Nama Akses pada kebanyakan handphone, misalnya jenis Android, ada pada bagian Pengaturan, Pengaturan jaringan, atau Mobile Network. Nah selanjutnya di sana kamu bakal temukan APN atau Titik Nama Akses. Sudah kamu edit, sudah kamu pastikan benar, jangan juga lupa disimpan dulu ya. Masing-masing APN untuk setiap operator akan berbeda, misalnya Telkomsel nama APN nya adalah internet, untuk Three misalnya 3data, atau XL dengan XLBroadband.

2. Lakukan Pengecekan APN Dengan Cara Lain

journey_wifi

Memang benar, layanan operator atau Customer Service Representative adalah layanan 24 jam. Apalagi untuk sekelas penyedia jasa layanan telekomunikasi. Tapi rasanya untuk kegiatan dimana kita sehari-hari ditunjang, kemudian sesaat tidak bisa menggunakan lantas kita mengadu, cengeng banget kayanya. Apalagi saat ternyata kita mengakui jenis handphone yang kita gunakan oke punya dan kekinian, tengsin dong. Oke kita bayar, tapi ada cara lain yang lebih asyik ketimbang hubungi layanan operator Bestprofit Futures Jakarta.

Bayangkan kamu sama teman-teman kamu ngumpul hangout bareng. Kebetulan ada WiFi, kebetulan juga akses internet kamu via operator rasanya terkendala. Kamu bisa lakukan riset kecil-kecilan tentang setting APN kamu disesuaikan sama provider telekomunikasi yang kamu gunakan dimana kamu terkendala terhubung ke internet. Kalo masih kurang paham tanya ke teman-teman kamu yang nongkrong bareng, jadikan semacam kuis. So, kalian punya obrolan yang seru yang gak masing-masing individualis sibuk sama handphonenya. Handphone masa kini yang mayoritas menjurus ke smartphone, seharusnya penggunanya juga sama smartnya. Jadi, don’t give up with your phone!

3. Tempat Dimana Kamu Berada Saat Tidak Terhubung Dengan Internet

insideapp-2

Ini juga dapat mempengaruhi terkait bisa apa nggaknya kamu terhubung ke sinyal internet. Kamu gak bisa internet pas dimana? Di lantai parkir? Di basement? Di dalam gedung? Di dalam bioskop? Bisa jadi memang kamu nggak terhubung sinyal internet kalo begitu. Kenapa? Ya masa sih mau bangun BTS atau stasiun pemancar di dalam gedung? Be calm!

Kadang memang kita harus berpindah posisi ke ruang yang lebih terbuka untuk bisa terjangkau sinyal dengan baik. Karena mayoritas penyedia layanan komunikasi selular masih memanfaatkan teknologi pemancar atau BTS (Base Transceiver Station) dari satu titik ke titik lain. Ini bukan jenis perangkat yang bisa kamu masukkan ke dalam saku. Andai pun bisa, daya pemancar itu juga mampu merusak badan kamu. Daripada kamu berdebat dengan operator cuma karena sinyal internet sampai minta dibangunkan BTS, mending kalem Bestprofit Futures Jakarta.

4. Perhatikan Keterangan yang Muncul

Nah, ini juga sering terjadi, saat nggak bisa akses internet, kita nggak pernah tahu atau mencoba yakin kendala kita sebenarnya bagaimana. Alih-alih emosi nggak bisa akses internet, hubungi operator, lanjut meluapkan kekesalan. Perhatikan keterangan yang muncul saat kamu nggak bisa akses internet atau mengakses situs-situs tertentu, apa dia buffering atau loading saja? Ini bisa jadi terkait masalah jangkauan sinyal dimana posisi kamu berada loh, so berpindahlah dari posisi kamu mengakses layanan internet.

Apakah muncul 504 Error atau 404 atau Restricted? Bisa jadi situs itu down atau memang domainnya nunggak dan sudah dialihkan ke alamat lain, atau yang terburuknya situs itu sudah nggak tersedia karena diblokir pemerintah sebab kontennya. Kamu telepon operator cuma buat ngadu yang begini? Yaelah sob..

5. WiFi

Smartphone-Wi-Fi-Issues

Banyak jalan menuju Roma, katanya begitu. Jaringan internet operator kamu nggak bisa diandalkan? Posisi kamu bisa terhubung sinyal WiFi? Yaudah sih, save your temper, hubungkan aja lagi ke sinyal WiFi. Soal WiFi, saat kemajuan teknologi sudah seperti sekarang masifnya di Indonesia, umumnya kota-kota besar, teknologi MiFi atau mini WiFi sudah mulai menjamur.

Modem Mifi bentuknya sangat ringkas, kecil, dan mudah digenggam. Seringkali di kota-kota besar ini dijadikan semacam pemancar mini untuk membagikan sinyal internet dalam mode WiFi yang pada mayoritas handphone saat ini sudah mendukungnya. Jadi, mungkin saja untuk terhubung dengan internet menggunakan MiFi sementara handphone atau smartphone kita diisikan pulsa hanya sekadar untuk telpon dan SMS.

Oke untuk BBM, WA, dan lain sebagainya, namun saat terhubung dengan MiFi saja. Selain lebih hemat karena pengaturan uang kita jadi lebih terarah, juga lebih jadi semacam pengendali ketergantungan kita dengan keinginan selalu terhubung dengan internet misalnya WA, BBM, dan lain sebagainya Bestprofit Futures Jakarta.

6. Terkadang Semudah Restart atau Lepas Pasang Baterai, dan Coba Lagi

lepas-baterai

APN kamu sudah benar pengaturannya, terus kamu coba terhubung ke internet masih juga susah terkoneksi. Jangan buru-buru ngamuk deh! Pindah posisi ke ruang yang lebih terbuka, restart atau mati nyalakan handphone kamu, atau jika handphone kamu bisa dilepas pasang baterainya, lakukan! – kemudian coba lagi.

Terkadang ini juga perlu dilakukan sekadar untuk menyegarkan kembali jaringan atau sinyal, bahkan sinyal internet kamu. Hal yang sama juga bisa kamu lakukan dengan mesin pencari kamu, entah kamu menggunakan browser bawaan atau dari aplikasi pihak ketiga. Coba kamu segarkan juga aplikasinya dengan membersihkan cache atau cookies, atau bahkan history pada browser kamu, termasuk password-password yang sudah kamu koneksikan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu andalkan saat sinyal Android hilang. Bukan berarti nggak percaya sama layanan operator ya. Tapi ada baiknya kalo kamu maksimalkan upaya dulu. Hitung-hitung kamu kenal smartphone kamu lebih baik dari sekadar memakainya buat menunjang aktifitas kamu. Tidak kenal maka tidak sayang.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)