Bestprofit Futures Jakarta

Perekonomian global maupun Indonesia hingga saat ini masih belum benar-benar pulih. Ditambah lagi, baru baru ini Inggris memilih keluar dari Uni Eropa yang mengguncang perekonomian dan pasar global.

Ketidakstabilan perekonomian mengancam posisi para pekerja. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. PHK sendiri merupakan mimpi buruk bagi setiap pekerja. Bukan hanya membuat pusing karena tidak ada aktivitas, hilangnya sumber pendapatan menjadi bencana keuangan.

Biasanya ada beberapa tanda yang membuat seseorang terancam PHK. Mulai dari kabar buruk tentang keuangan perusahaan, kinerja yang menurun dan lain sebagainya.

Saat terancam PHK, Anda harus menyiapkan banyak hal. Ditulis cekaja.com. berikut hal yang paling penting Anda siapkan saat terancam dipecat.

1. Update CV

 Hal pertama dan paling utama yang harus disiapkan saat terancam PHK adalah update data riwayat hidup atau CV. Dengan memperbarui CV, Anda akan lebih mudah mencari pekerjaan baru.

2. Tingkatkan Dana Darurat

Apabila terancam dipecat dari perusahaan akan membuat Anda kehilangan pendapatan. Sementara, tidak ada waktu pasti kapan Anda akan mendapatkan pekerjaan baru.

Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan jumlah tabungan darurat di waktu-waktu riskan saat terancam PHK.

3. Kembangkan kemampuan

Terus belajar dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki adalah harga mati bagi setiap orang. Karena dengan mengembangkan kemampuan Anda bisa mendapatkan pekerjaan lain yang mungkin saja jauh lebih baik.

4. Perbaiki sikap dan kinerja

Jika Anda merasa terancam PHK dan ingin mempertahankan posisi, sebisa mungkin perbaiki sikap dan kinerja di kantor. Nantinya atasan bakal melihat perubahan itu. Kalau kondisi perusahaan memang memungkinkan, Anda bisa saja lolos dari PHK masal.

5. Bersiap negosiasi

Terkadang situasi tidak sesuai harapan, maka dari itu ketika mengalami PHK Anda harus bersiap diri. Salah satunya adalah bersiap untuk negosiasi masalah gaji dan sebagainya saat interview kerja nanti.

6. Segera kirim lamaran kerja

Kalau kabar PHK sudah sampai ke telinga Anda, tidak ada salahnya untuk segera mengirim lamaran dari sekarang. Ingat, lamaran kerja tidak akan direspon dalam waktu singkat.

Jadi, mencuri start terlebih dahulu untuk kirim-kirim lamaran adalah salah satu langkah bijak.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)