Bestprofit Futures Jakarta

Berhenti bekerja dan menikmati uang dari hasil bekerja tentunya dambaan setiap orang. Sayangnya, banyak orang yang hingga tua masih tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Mengutip dari Forbes, ternyata ada 6 cara bagi Anda untuk menyimpan uang agar bisa pensiun muda:

1. Lunasi utang-utang Anda

Pada saat Anda mendapatkan gaji, Anda harus mendahulukan berbagai tagihan yang Anda hadapi, bahkan menabung untuk tagihan selanjutnya.

Buatlah perhitungan berapa banyak tagihan yang Anda harus bayarkan dalam waktu 10 tahun ke depan, dan berusahalah untuk melunasinya dalam waktu di bawah 5 tahun.

2. Tentukan Apa yang Anda Inginkan

Apakah Anda ingin pensiun muda? Liburan bersama keluarga Anda? Atau membeli rumah baru? Jika Anda sudah menentukan tujuan Anda, akan lebih mudah bagi Anda untuk menabung demi tujuan tersebut.

Anda harus menyadari seberapa besar gaji Anda saat ini, dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Buatlah daftar barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan. Pada saat menerima pendapatan, usahakan menggunakan uang Anda untuk kebutuhan yang Anda butuhkan.

Faktanya, hampir semua barang akan Anda inginkan, jadi Anda harus benar-benar selektif dalam menyeleksi kebutuhan dan keinginan.

4. Mulailah Berinvestasi

Selain menabung, Anda bisa mulai melakukan investasi. Berinvestasilah dengan barang-barang yang mudah dijual, dan harganya selalu naik, seperti emas dan rumah. Jika Anda mahir, Anda juga bisa mulai berinvestasi dengan membeli saham. Investasi ini bermanfaat ketika Anda pensiun nanti, sebagai jaminan masa tua Anda.

5. Keluarkan Uang Anda sesuai Anggaran yang Anda Buat

Buatlah anggaran, baik anggaran bulanan hingga anggaran tahunan, agar Anda dapat memastikan seberapa besar pengeluaran Anda.

Jangan sesuaikan pengeluaran Anda dengan orang lain. Berusahalah mengeluarkan uang Anda di bawah anggaran, bahkan lebih sedikit dibandingkan bulan sebelumnya.

6. Tentukan Target Uang Pensiun Anda

Jika Anda ingin pensiun dengan uang Rp 200 juta, dan Anda ingin pensiun dalam waktu 5 tahun mendatang. Anda harus mampu menabung sekitar Rp 4 juta per bulannya, untuk mewujudkan keinginan Anda tersebut. 

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)