http://www.revolusiilmiah.com

REVOLUSIILMIAH.COM – Bagi Umat Islam, Masjid merupakan tempat suci untuk menjalankan ibadah ritualnya, selain kegunaannya secara umum untuk membahas permasalahan umat dan mencari solusi dari permasalahan tersebut, terutama untuk umat yang ada di sekitar Masjid. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Masjid ternyata dapat pula menjadi tempat tujuan wisata dan salah satu kebanggaan Umat Islam dilihat dari keagungan dan kemewahan yang ada padanya. Tidak salah memang, bagi Anda yang memiliki rejeki yang lebih, mengunjungi masjid-masjid mewah berikut untuk berwisata, selain itu juga tentunya untuk beribadah disana dan memuji kebesaran sang Pencipta.

5 Masjid Termegah di Dunia

Berikut 5 masjid termegah dan memiliki banyak fitur mewah yang ada di dunia, mulai dari Masjid Al-Haram yang ada di Mekkah, Saudi Arabia sampai dengan Masjid Hassan II di Maroko dengan berbagai keindahan alam yang ada di sekitarnya.
Revolusi Ilmiah - Masjid Al-Haram adalah Masjid Termegah di Dunia
Masjid Al-Haram adalah Masjid Termegah di Dunia. (Foto : jeddah.aaschool)

1. Masjid Al-Haram di Mekkah, Saudi Arabia

Masjid Al-Haram merupakan masjid terbesar dan termegah di dunia, dengan Ka’bah sebagai sentral dan kiblat bagi Umat Islam untuk Sembahyang Sholat. Masjid yang dibangun oleh Nabi Adam tersebut, saat ini menampung lebih dari 900.000 jamaah pada hari biasa, namun pada musim haji, dapat menampung tidak kurang dari 4 juta jamaah.

Revolusi Ilmiah - Masjid An-Nabawi di Madinah
Masjid An-Nabawi di Madinah. (Foto : munirimani)

2. Masjid An-Nabawi di Madinah, Saudi Arabia

Masjid An-Nabawi dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, berada tepat di jantung kota Madinah. Masjid ini juga menjadi makam bagi beliau dan para sahabatnya. Masjid tersebut merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Al-Haram di Mekkah. Pada saat musim haji, masjid ini dapat menampung lebih dari 1 juta jamaah. Masjid An-Nabawi juga memiliki 10 menara yang masing-masing memiliki tinggi 105 meter.
Revolusi Ilmiah - Masjid Al-Aqso di Yerusalem
Masjid Al-Aqso di Yerusalem. (Foto : muslimvillage)

3. Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Palestina

Masjid Al-Aqsa menurut sejarah merupakan Masjid yang pernah dijadikan kiblat oleh Nabi Muhammad setelah 17 bulan hijrah beliau di Madinah, namun kemudian kiblat dikembalikan ke Mekkah. Masjid Al-Aqsa memiliki 1 kubah besar dan 4 menara, panjang 83 meter dan lebar 56 meter. Di dalam Masjid, dapat menampung kurang lebih 5.000 jamaah, namun di luar masjid, dapat menampung tidak kurang dari 400.000 jamaah.
Revolusi Ilmiah - Keindahan Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan di Abu Dhabi
Keindahan Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan di Abu Dhabi. (Foto : nationalgeographic)

4. Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al-Nahyan di Abu Dhabi, UEA

Meskipun secara umur masjid ini tergolong muda, namun masjid ini mengundang decak kagum bagi orang yang melihatnya. Diresmikan tahun 2007 dan diberi nama sesuai dengan tokoh pendiri Uni Emirat Arab (UEA), Masjid ini  terletak di ibu kota UEA, Abu Dhabi. Masjid tersebut dapat menampung kurang lebih 41.000 jamaah, namun tunggu dulu, meskipun daya tampungnya relatif sedikit, namun masjid ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya : Pintu utama masjid terbuat dari Kaca tebal dengan bobot 2,2 ton, Mempunyai 82 kubah bergaya Maroko yang semuanya dihias dengan batu pualam putih, Memiliki kolam disekitar masjid dengan luas mencapai 7.874 meter persegi.
Revolusi Ilmiah - Pemandangan laut di Masjid Hassan II
Pemandangan laut di Masjid Hassan II. (Foto : amaanramazan)

5. Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko

Jika Anda berkunjung ke Masjid ini, maka pemandangan lautan yang luas dan biru akan menjadi daya tarik paling menarik, karena memang hampir seluruh bagian Masjid Hassan II dibangun tetap berada di atas permukaan laut dan menghadap ke Samudera Atlantik. Masjid yang dibangun tahun 1993 tersebut memiliki lahan sekitar 90.000 meter persegi dengan daya tampung sampai dengan 105.000 jamaah. Masjid ini memiliki menara setinggi 210 meter, hal tersebut menjadikan Masjid Hassan II sebagai masjid dengan menara tertinggi di dunia. Arsitek dari Masjid Hassan II adalah Michel Pinseau, seorang arsitek dari Perancis.
Demikian 5 Masjid Termegah di Dunia yang selain digunakan untuk beribada, ternyata Masjid tersebut menjadi kebanggan bagi Umat Islam dunia pada umumnya dan Umat Islam di negara tersebut. Kemegahan dan kemewahan harus dijadikan sebagai modal untuk tetap bersyukur dan menambah keyakinan kepada Sang Pencipta sehingga lebih meningkatkan ibadah kepada Nya. (M-ANT)