Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari mediabisnisonline.com

best profit 2sManusia adalah makhluk yang hidup dengan berkelompok. Mereka bersosialisasi dengan banyak orang di sekitar mereka. Berkenalan, menjalin pertemanan hingga menjadikannya sebuah keuntungan tersendiri. Jaringan dalam sebuah bisnis tentu harus ada, tujuannya bukan tidak lain adalah untuk dapat memperkenalkan dan menjadikan merek bisnis lebih dikenal oleh masyarakat luas. Nah, berikut ini cara yang sedikit mudah untuk kita terapkan ketika ingin mencari sebuah jaringan dalam bisnis.

1. Menggunakan Twitter

 

Banyak sekali jenis sosial media yang dapat digunakan untuk promosi sebuah bisnis. Mulai dari Facebook, Twitter, Google+ dan lain sebagainya. Namun beberapa waktu ini Twitter menjadi sosial media yang cukup menjanjikan bagi mereka yang sedang mencari sebuah koneksi atau jaringan bagi bisnis. Karena di sini semua orang bisa membuat sebuah daftar dan mengikuti hashtag khusus untuk menemukan siapa yang paling tinggi kedudukannya dalam jenis bisnis Anda. Anda juga bisa menambahkan koneksi Twitter untuk daftar berdasarkan bidang yang Anda miliki. Anda pun dapat mengikuti akun bisnis atau akun pribadi untuk berbagi informasi menarik dengan mereka dan berkomunikasi dengan mereka secara online.

2. Merekrut dari data kontak

 

Jika Anda ingin membuat atau menambah sebuah koneksi atau jaringan dalam bisnis, Anda bisa mulai dengan apa yang Anda miliki. Salah satu contohnya yaitu melalui daftar kontak yang Anda miliki. Anda bisa menghubungi mereka lagi dan mencari tahu apa yang dapat Anda bantu dari setiap solusi yang mereka butuhkan. Anda tidak perlu datang secara langsung, cukup menghubungi mereka dan mereka merasa bahwa Anda masih memperhatikan mereka.

3. Mendapatkan dari grup online

 

Ada banyak grup online hampir di setiap bidang baik bisnis, hobi, minat dan bahkan grup teman sekolah Anda. Dari sana Anda bisa mendapatkan banyak teman atau jaringan yang baru. Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu siapa yang kira – kira memiliki minat atau keinginan yang sama dengan Anda. Ajak mereka untuk berdiskusi dan mencari solusi bersama atas suatu masalah yang ada. Anda juga bisa menggunakan sosial media LinkedIn untuk menemukan orang – orang yang sama dan berada pada minat atau bidang yang sama. Setelah itu Anda bisa mulai mencari ke area yang berbeda dari Anda.

4. Mengadakan meet up

 

Banyak bisnis yang sering mengadakan meet up dengan pelanggan atau yang hanya mengenalnya dari media sosial. Tentu saja tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan mendapatkan koneksi sebanyak – banyaknya. Cara ini bisa saja dilakukan, tapi akan lebih mudah bagi mereka yang sudah memiliki bisnis besar dan memiliki nama di masyarakat. Karena secara otomatis akan ada banyak yang mencari dan membuat grup secara online. Sedangkan meet up ini sendiri adalah perwujudan dari grup online yang sudah ada. Sehingga bagi sebuah bisnis baru alangkah baiknya untuk membentuk sebuah grup online dan turut mengikuti acara meet up seperti ini terlebih dahulu.

5. Mengikuti social gatherings

 

Akan ada banyak orang yang Anda kenal ketika Anda bersosialisasi dengan orang yang tidak Anda kenal. Salah satu yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan mengikuti sebuah sosial gatherings. Acara seperti ini akan membuat Anda bertemu dan mengenal banyak orang yang berbeda dengan Anda. Tidak masalah ketika mereka tidak memiliki area bisnis atau bahasan yang sama. Justru ini akan membuat Anda memiliki jangkauan yang lebih luas.