http://beritatrendz.blogspot.com

Marah memag tidak membatalkan puasa, namun marah bisa membatalkan pahala kita. Jadi kita sia-sia puasanya jika kita berpuasa namun sering marah-marah, yang kita dapatkan cuma haus dan lapar saja. Tentunya anda gak maukan puasa anda sia-sia gara-gara marah.
Ketika kita puasa kesabaran kita memang sedang benar-benar diuji. Dalam keadan lapar dan haus, kita sering tersulut emosi walau hanya karena masalah sepele. Amarah sering tak bisa dikendalikan, akibatnya anda mudah marah.
Nahh sabahat, agar anda bisa menahan amarah dan emosi anda. Di bulan yang enuh berkah ini anda harus bisa menjadi pribadi yang baik. Agar anda lebih mudah dalam mengendalikan emosi. Kami akan memberikan beberap tips agar anda dapat mengontrol emosi anda. Berikut 5 cara kendalikan amarah dibulan puasa.

1. Menghadirkan pikiran positif

Perasan ingin marah sering muncul karena perasaan negatif terhadap sesuatu atau kepada seseorang. Untuk mengatasi hal ini anda harus bisa menghadirkan pikiran positif, lihatlan sesuati dari sisi positifnya. Berprasangka baik kepada apapun yang telah terjadi dan menimpa anda. Jika anda sudah tidak bisa menahan marah anda, anda bisa menghirup udara dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan, dengan demikian pikiran anda akan kembali tenang.

2. Menggunakan selera humor

Jangan terlalu serius dalam menanggap masalah yang menimpa anda. Lihatlah darin sudut pandang yang berbeda dan nyalakan selera humor anda. Buat diri anda menjadi nyaman dan tidak tertekan ketika menghadapi suatu masalah.

3. Mencurahkan pada tulisan

Ketika amarah anda sudah memuncak, coba anda tahan kata-kata buruk yang akan keluar dari mulut anda.  Ambilah selembar kertas dan tuliskan kekesalan anda pada kertas tersebut, dengan begitu anda akan merasa lebih lega dan nyaman.

4. Mengalihkan ke sesuatu yang lain

Ketika anda ingin marah, cobalah anda mengalihkan perhatian anda ke sesuatu yang lain. Dengan demikian anda akan melupakan marah anda dan energi anda tidak terbuang sia-sia karena marah.

5. Meminta bantuan orang lain

Perasaan marah bisa muncul akibat rasa tertekan stres dan lain sebagainya. Jika anda kesulitan dalam menyelesaikan masalah anda yang membuat anda stres dan tertekan, cobalah anda meminta bantuan orang lain untuk memberikan masukan akan masalah yang sedang anda hadapi tersebut. Cobalah untuk curhat dan berbagi kepada teman terdekat.
Demikianlah 5 cara kendalikan marah dibulan puasa. Puasa adalah untuk melatih kesabaran, oleh sebab itu anda harus bisa menahan amarah dan emosi ketika berpuasa. Semoga ke lima tips diatas bermanfaat. Terimakasih.