http://log.viva.co.id

Orang-orang kreatif selalu berusaha mencari peluang.

VIVA.co.id – Banyak orang yang mengatakan, kita tidak akan pernah berhasil meraih begitu banyak uang hanya dengan menjadi karyawan dan bekerja untuk orang lain. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang memilih untuk menjadi seorang pengusaha, daripada harus bekerja pada perusahaan milik orang lain.

Orang-orang kreatif selalu berusaha mencari peluang untuk menciptakan suatu produk baru, yang dapat menjadi kebutuhan dan selalu digunakan oleh orang banyak. Meskipun dalam bentuk dan penggunaannya sangat simple dan sederhana, tetapi ternyata barang-barang ini berhasil menjadikan pembuatnya sebagai pengusaha sukses, dan meraih keuntungan yang sangat besar.

Tidak harus menghasilkan suatu produk luar biasa untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses, karena lima produk sederhana berikut ini, menjadi sangat populer dan berhasil memberikan kesuksesan bagi pembuatnya.

1. Post-It Notes

Hampir semua orang mengetahui dan mungkin menjadi pengguna setia produk sederhana ini. Diciptakan oleh Dr. Spencer Silver, Post-It, barang yang sangat sederhana ini ternyata menjadi sangat populer dan mendunia.

Sebenarnya Dr. Spencer Silver adalah seorang ahli kimia yang bekerja untuk membuat lem, sampai secara tidak sengaja dia menemukan sebuah jenis perekat baru yang dapat dengan mudah dilepaskan dan dapat direkatkan kembali. Kemudian, dia pun membuat inovasi dengan melekatkan perekat tersebut di bagian kertas berwarna-warni yang kemudian terkenal dengan nama Post-It. Dengan produk yang diciptakan ini, Dr. Silver telah berhasil meraih penghasilan milyaran dolar.

2. Plester

Benda yang satu ini pasti pernah anda gunakan, bahkan mungkin hampir di setiap rumah selalu menyediakan produk tersebut. Walaupun dalam penggunaannya begitu familier di setiap orang, namun tidak banyak orang yang tahu siapakan pembuat benda kecil yang sangat berguna ini.

Tidak diketahui namanya, tapi plester yang digunakan untuk menutupi luka ini, pertama kali dibuat oleh seorang pekerja di sebuah perusahaan Johnson & Johnson  pada tahun 1920. Idenya muncul begitu saja ketika istrinya terluka ketika sedang memasak, dan untuk menutupi luka tersebut dia membuat penutup luka agar tidak infeksi yang kemudian dikenal dengan plester.

Sejak saat itulah, beberapa pabrik alat kesehatan membuat plester sebagai produk mereka, dan pria ini pun meraih jutaan dolar dari ide sederhananya ini.

3. Upside-down Botol

Tidak ada yang menyangka kalau ide yang sangat sederhana ini, ternyata dapat dihargai jutaan dolar. Awalnya wadah botol selalu memiliki penutup dibagian atasnya, tetapi tentu saja jika diisi dengan sesuatu yang agak padat seperti saos ataupun selai sebagian orang akan kesulitan untuk mengeluarkannya ketika isinya hampir habis.

Berawal dari pemikiran yang sederhana namun berguna, Paul Brown akhirnya membuat sebuah botol terbalik dengan tutup yang terletak di bagian bawah pada tahun 1991. Dia kemudian menjual ide kreatifnya ini kepada NASA, Heinz, dan beberapa pabrik pembuat produk pencuci rambut. Idenya diterima denngan baik, sampai akhirnya pada tahun 1995 dia berhasil menjual desainnya itu dengan harga US$ 14 juta atau sekitar 190 milyar rupiah.

4. Crocs

Bentuk sederhana dan terbuat dari bahan yang juga sangat sederhana, ternyata bukan berarti produk ini juga bernilai sederhana. Berawal dari memproduksi sandal tidur plastik, kenyamanan dari sandal ini berhasil menarik hati para penggunanya untuk memakai sandal tersebut di dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Bahkan, sandal palstik ini juga sekarang telah berhasil menembus pangsa pasar dunia, dan dijual dengan harga yang tidak murah lagi. Perusahaan pembuat sandal Crocs ini telah berhasil meraih jutaan dolar dari produknya ini.

5. The Smiley

Ikon dan emoticon The smiley atau lebih dikenal dengan Mr. Smile pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh seorang seniman Amerika, Harvey Ball. Awalnya, gambar-gambar yang diciptakannya ini hanya dipandang sebelah mata dan hak ciptanya hanya dibeli dengan harga US$45 atau sekitar 600 ribu rupiah.

Tetapi, hal luar biasa terjadi ketika Bernard dan Murray, dua orang bersaudara asal Spanyol melihat gambar-gambar tersebut. Mereka berhasil melihat peluang potensial dari gambar-gambar tersebut, dan sekarang untuk lisensi gambar-gambar tersebut berhasil dijual dengan harga US$50juta atau sekitar 690 milyar rupiah.