Bestprofit Futures Jakarta

Bestprofit-Futures, bprofitfutures.com Peneliti menemukan lebih dari 10 persen populasi dunia masuk dalam kategori kekurangan tidur kronis. Dampak negatif yang dihasilkan bisa bermacam-macam mulai dari jadi tak fokus hingga jangka panjangnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Nah bagi beberapa orang yang sulit terlelap hal ini mungkin bisa jadi masalah. Kabar baiknya beberapa studi membuktikan ada bahan-bahan alami yang bisa membantu kita tidur. Berikut lima bahan yang bisa dicoba versi      :

1.Buah ceri
Dalam sebuah studi kecil, partisipan yang rutin mengonsumsi jus buah ceri sebanyak 200 mili liter (ml) pada pagi dan sore hari selama dua minggu dilaporkan memiliki perilaku tidur yang lebih baik. Buah ceri mengandung kadar melatonin yang tinggi sehingga bisa membantu seseorang untuk cepat tidur. Melatonin sendiri adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh dan berfungsi mengontrol siklus tidur dan bangun.

2. Ikan laut
Beberapa jenis ikan dan beberapa hewan laut lainnya diketahui memiliki senyawa tryptophan yang menginduksi rasa kantuk. Contoh dari hewan tersebut seperti udang, ikan kod, tuna, dan halibut. Jenis ikan lainnya yaitu salmon menurut UCLA Center for East-West Medicine juga bagus untuk membantu tidur karena mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti mengurangi hormon stres dan meningkatkan ketenangan.

3. Kombinasi karbohidrat protein
Tryptophan tak eksklusif hanya ada pada ikan saja, bahan makanan lain seperti susu misalnya juga mengandung senyawa penginduksi kantuk tersebut. Tapi kuncinya agar berhasil adalah bagaimana mengatur tryptophan bisa dimanfaatkan tubuh secara maksimal yaitu dengan mengkombinasikannya dengan karbohidrat. Misal coba kombinasikan segelas susu dengan cereal gandum utuh sebelum tidur.

4. Teh mint
Teh mint yang dingin menyegarkan sudah terkenal bermanfaat mengurangi stres dan bisa membuat rileks. Disamping itu teh mint juga mengandung vitamin A, C, dan B12 yang baik untuk tubuh. Terkait penggunaan teh mint perlu diperhatikan juga apabila seseorang sedang dalam pengobatan tiroid. Konsultasikan dengan dokter karena teh bisa memengaruhi kerja obat sehingga dosisnya mungkin perlu disesuaikan.

5. Tanaman herba lainnya
Selain daun mint ada banyak herba yang sebetulnya dapat digunakan untuk membantu tidur lebih nyenyak. Seperti misalnya tanaman sage, kamomil (chamomile), dan valerian. Apabila ingin mencoba membuat minuman dari tanaman tersebut coba tambahkan madu sebagai pengganti gula. Alasannya karena menurut ahli gizi Lindsey Duncan madu bisa membuat kadar insulin naik secara perlahan dan membantu tryptophan memasuki otak lebih mudah.

Itulah 5 Bahan Alami yang Bisa Membantu Tidur Lebih Nyenyak versi Bestprofit Futures Jakarta

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)