http://vibiznews.com

GBP/USD melompat lebih dari 150 pips karena hasil “exit pools” dari pemilu di Inggris. Hal ini menunjukkan kekuatan untuk calon Tories yang di pandang bersahabat dengan bisnis. Pasar juga suka kesinambungan. Tetapi hal ini masih jauh dari selesai.

Melihat kepada data, berikut ini adalah alasan-alasan untuk meragukan hasilnya dan reaksi pasar. Lima alasan menurut Forex Crunch untuk menjual GBP/USD:

  1. Besarnya Gap yang mengejutkan antara partai-partai besar: Konservatif memiliki 316 kursi dan Buruh hanya 239 kelihatannya mustahil dengan polling pendapat menunjukkan kompetisi yang semakin ketat.
  2. UKIP hanya dua kursi: Ini bukan saja perbandingan yang tidak masuk akal terhadap polling pendapat tetapi juga kontradiktif dengan hasil sesungguhnya yang pertama yang menunjukkan performance yang bagus buat partai. Juga perlu diingat orang-orang yang memberikan suara untuk partai-partai yang ekstrim tidak akan mengakuinya di polling pendapat. Jadi para pemberi suara bisa memberikan suara untuk Tories di exit poll dan UKIP untuk yang sebenarnya.
  3. SNP 58 dari 59: Reaksi yang instant dari exit poll menunjukkan kemenangan yang besar buat Partai Nasional Skotlandia oleh para pemimpinnya perlu diwaspadai. Ini kelihatannya berlebihan. Penting untuk diingat bahwa SNP kenyataannya kalah dalam pemungutan suara untuk kemerdekaannya di bulan September tahun lalu.
  4. Likuiditas yang tipis: Exit poll dirilis setelah New York tutup dan sebelum Tokyo dibuka. Dengan pasar yang buka hanya Australia dan Selandia Baru, reaksi pasar kemungkinan terlalu dibesarkan.
  5. Dan kalaupun hasilnya benar: 316 untuk partai Kameron dan 10 untuk partner koalisi yuniornya yang dipimpin oleh Nick Clegg kurang dari mayoritas. Bersandar pada bahkan partai-partai yang lebih kecil menempatkan koalisi potensial sebesar 334 dari 650. Hal ini tidak bisa dianggap sesuatu yang stabil. Sebagai tambahan, jika exit poll meleset sedikit saja, mayoritas yang ramping ini akan terhapus.

Jadi reaksi awal GBP/USD diatas 1.54 adalah terlalu jauh dari yang seharusnya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center