4 Tips Mudah Agar Tidur Kita Lebih Berkualitas

http://wikikesehatan.com

4 Tips Mudah Agar Tidur Kita Lebih Berkualitas – Tidur yang berkualitas akan memberi dampak positif pada saat bangun di pagi hari. Tubuh menjadi segar, dan siap beraktifitas. Sebaliknya, jika tidur kita tidak berkualitas, pada saat bangun tidur badan terasa pegal, rasa capek belum hilang, dan berbagai keluhan lain. Akibatnya, kita pun malas bangun pagi, malas untuk beranjak beraktifitas, dan berangkat kerja dengan kondisi kebugaran yang minimal.

Banyak orang berusaha untuk memperbaiki kualitas tidur, namun dengan jalan pintas dan cara yang salah, seperti mengkonsumsi berbagai jenis obat tidur, baik obat tradisional maupun obat kimia sintetis sesuai resep dokter. Memang, obat-obatan tersebut bisa membantu mengatasi masalah tersebut, namun hal ini bersifat sementara. Dan sebenarnya, sama sekali itu bukanlah cara untuk memperbaiki kualitas tidur.

lalu bagaimana agar kita bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut ini kami sampaikan tips agar mendapatkan tidur yang berkualitas :

1. Lakukan olahraga secara teratur paling tidak dua hari sekali sampai berkeringat

Jika Anda termasuk orang mengalami masalah susah tidur, maka Anda perlu melakukan olahraga secara rutin minimal dua hari sekali pada sore hari agar relaksasi otot mudah terbentuk pada malam hari, karena hali ini akan membantu memunculkan timbulnya rasa mengantuk.

2. Hindari banyak minum menjelang tidur

Kebiasaan banyak minum menjelang tidur bukanlah sesuatu yang baik, karena hal ini akan mengganngu tidur kita dengan seringnya buang air kecil pada malam hari. Sebaiknya, maksimal minumlah dua jam sebelum tidur, jadi ada kesempatan untuk proses buang air kecil sebelum tidur.

3. Hindari konsumi makanan padat pada malam hari

Sebaiknya empat jam sebelum Anda beranjak tidur sudah berhenti konsumsi makanan padat, atau makan malam. Jika perut terasa lapar, sebaiknya Anda konsumsi buah-buahan saja. Kebiasaan konsumsi makanan padat menjelang tidur akan mengganngu kualitas tidur, tak hanya itu, proses pengolahan makanan dalam pencernaan pun tidak berjalan secara optimal pada saat tidur. Ketika tubuh istirahat pada malam hari, energi tubuh yang seharusnya digunakan untuk melakukan perbaikan jaringan yang rusak menjadi tidak maksimal, karena sebagian terkuras untuk mengolah makanan. Itu sebabnya kenapa kita sering merasa tidak segar dan merasakan badan pegal-pegal tatkala bangun tidur di pagi hari.

4.  Berdoa dan akhiri aktifitas kita dengan senyuman sebelum tidur

Tak kalah pentingnya adalah, menjelang tidur ajaklah tubuh kita tersenyum meski hanya sesaat, karena hal ini akan membantu menenangkan pikiran, sehingga Anda bersiap tidur dengan rasa bahagia, karena hal ini akan memberikan dampak positif untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Itulah beberapa tips mudah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sebagaimana kami sarikan dari sebuah buku best seller karya Husen A. Bajry, Ph. D yang bertajuk, Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik. Beliau merupakan ahli pengobatan Holistik sekaligus pendiri Rumah Sakit Holistik pertama di Indonesia, yang berada di Purwakarta.