4 Tips Atasi Rasa Marah di Kantor

http://bisnis.liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta – Rasa marah dapat muncul di mana saja termasuk di kantor saat Anda justru harus fokus pada pekerjaan. Sejumlah studi menunjukkan 42 persen dari total waktu kerja karyawan, ternyata dihabiskan untuk menambah keakraban atau mencoba menyelesaikan emosi dan konflik di kantor.

Melansir laman askmen.com, Kamis (11/6/2015), rasa tidak sabar dan rendahnya kemampuan mengendalikan emosi telah membuat para karyawan bekerja secara tidak efisien.

Terdapat banyak pemicu konflik di kantor yang dapat memancing amarah. Bahkan salah ketik email juga dapat menjadi persoalan besar.

Ingat, saat amarah memuncak di kantor, Anda harus segera mengatasinya karena itu dapat berdampak negatif pada diri sendiri dan perusahaan. Sebagai tipsnya, berikut empat cara atasi marah saat berada di kantor:

1. Tersenyum

Kenali diri sendiri saat Anda mulai merasa marah dan hentikan apapun yang tengah dilakukan, termasuk bekerja sekalipun. Duduk tegak, tersenyum, dan ambil nafas panjang.  Lihat dengan baik apa yang sedang terjadi dan kendalikan amarah dengan penuh kesadaran.

2. Gerakkan tubuh

Coba jalan-jalan sebentar ke luar kantor saat mulai merasa marah. Jika masih merasa agak marah, gerakkan tubuh dan itu akan bereaksi cukup baik mengurangi emosi pribadi.

3. Hubungi teman

Saat merasa emosi berlebihan, bicaralah dengan teman. Teman tersebut biasanya memberikan saran atau sudut pandang berbeda yang membuat Anda lebih tenang.

4. Pergi ke taman

Tinggalkan kantor sebentar jika Anda merasa sangat marah. Pergi ke taman dan duduk di bawah pohon-pohon rindang akan membuat Anda jauh lebih tenang.(Sis/Nrm)