http://bisnis.liputan6.com

Liputan6.com, New York – Saat sedang produktif, Anda akan secara efisien menyelesaikan berbagai tugas dan mencapai hasil yang lebih baik. Sebaliknya, ada beberapa kebiasaan yang ternyata dapat membunuh produktivitas tersebut.

Beberapa kebiasaan yang dilakukan setiap hari bahkan berbahaya bagi kinerja karena membuat jadi malas bekerja. Sebab itu, Anda seharusnya menghindari beberapa kebiasaan yang dianggap wajar seperti menonton televisi sebelum tidur.

Tak hanya itu, kecanduan media sosial juga mengancam produktivitas pribadi. Berikut empat kebiasaan yang bisa bikin jadi malas bekerja seperti dilansir dari Lifehack.org, Selasa (9/6/2015):

1. Nonton televisi sebelum tidur

Setelah sibuk bekerja, banyak orang memiliki kebiasaan menonton televisi. Sebagian besar berpikir ini dapat membuat pikiran semakin santai. Sejumlah studi justru membuktikan, menonton televisi sepulang kerja hanya akan membuat semakin lelah.

Alhasil Anda tidak bisa tidur cukup dan membuat badan menjadi letih serta malas untuk bekerja keesokan harinya.
2. Terlalu sering mengakses media sosial

Media sosial memang bisa membuat Anda terhubung dengan banyak orang, seperti teman dekat dan keluarga. Meski begitu, terlalu fokus berbagi foto, menulis status atau melihat foto orang lain hanya akan membuang banyak waktu Anda.

Hindari memeriksa media sosial saat Anda sedang bekerja atau menjelang tidur. Pasalnya Anda akan kehilangan fokus dan merasa malas menuntaskan pekerjaan lain.

3. Melakukan semua pekerjaan sendiri

Banyak orang merasa dapat menabung banyak uang dengan melakukan banyak pekerjaan sendirian. Itu salah besar, Anda justru akan kehilangan waktu yang lebih berharga demi menuntaskan seluruh pekerjaan sendirian tanpa bantuan orang lain.

Selain menjadi letih dan malas, Anda juga akan sulit menuntaskan pekerjaan tepat waktu.

4. Menunda pekerjaan

Sering menunda pekerjaan ternyata dapat membuat Anda malas menyelesaikannya. Padahal awalnya penundaan dilakukan agar Anda semangat bekerja dan produktif.

Jika Anda ingin produktif, gunakan bakat dan pengetahuan pribadi serta jangan menunda-nunda pekerjaan.(Sis/Nrm)