http://health.liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Jika memang ada niat, di mana dan kapan saja seseorang dapat melakukan aktivitas gerak tanpa harus meluangkan waktu khusus ke pusat kebugaran atau olahraga sebelum dan sesudah bekerja.

Ada banyak cara untuk tetap aktif membakar kalori meski mungkin hari-hari Anda dipadati dengan pekerjaan. Berikut cara mengatasi hidup tetap aktif bagi pekerja yang tak memiliki waktu khusus untuk berolahraga, seperti disampaikan Dr Andi Sp.KO dalam diskusi `Indonesia SeGar: Bangun Generasi Brrrgerak!` di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

1. Gunakan tangga

Duduk terlalu lama selama di perjalanan memang cukup melelahkan. Begitu tiba di kantor, saatnya Anda menggerakkan tubuh dengan menaiki satu demi satu anak tangga.

Jika ruangan Anda berada di lantai cukup atas, naiklah lift, tapi turun empat atau lima lantai sebelum ruangan Anda. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan tangga.

2. Pilih jenis transportasi umum

Sejumlah kantor di Jakarta menyediakan parkir khusus sepeda. Anda dapat menggunakan transportasi umum macam kereta api terlebih dahulu, lalu mengayuh sepeda dari stasiun sampai kantor Anda, jika merasa jarak dari rumah ke kantor cukup jauh.

3. Naik Trans Jakarta

“Pengguna Trans Jakarta dapat turun 1 halte lebih jauh dari kantor, supaya masih bisa jalan kaki,” kata Andi.

4. Parkir lebih jauh

“Sama seperti saat naik Trans Jakarta. Ketika bawa mobil atau motor ke kantor, parkirlah agak jauh sehingga Anda memiliki waktu untuk jalan kaki,” kata Andi menambahkan.