http://bisnis.liputan6.com

Liputan6.com, New York – Akhir pekan seringkali menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu sebagian besar pegawai. Alasannya, tentu saja karena para pegawai dapat beristirahat dan melepas kepenatan setelah bekerja selama sepekan.

Seperti dikutip dari Career Realism, Senin (26/4/2015), berbeda dengan dua hari di akhir pekan, Senin justru menjadi hari yang paling enggan dihadapi para karyawan. Pasalnya, banyak pegawai yang menganggap hari Senin telah mengakhiri masa liburan dan santainya.
Tak heran, libur akhir pekan memang menawarkan banyak aktivitas menarik, mulai dari berkumpul bersama teman-teman hingga berbelanja. Bahkan sebagian pegawai memilih untuk sekadar bermalas-malasan di rumah. Namun ternyata, Anda bisa mengubah perasaan malas di hari Senin menjadi lebih bersemangat seperti saat berada di akhir pekan.
Berikut tiga cara untuk membuat Senin terasa seperti akhir pekan saat berada di kantor:
 1. Bersiaplah pada Jumat dan Minggu
 
Sebelum meninggalkan kantor pada Jumat sore, sisihkan waktu Anda untuk mempersiapkan diri menghadapi Senin. Buatlah daftar pekerjaan, kemudian urutkan sesuai skala prioritasnya.
Maka saat hari Senin tiba, Anda tinggal langsung menyelesaikannya. Jangan lupa, hal sepele seperti memberikan motivasi untuk diri sendiri juga penting dilakukan. Mulailah dengan menulis catatan-catatan kecil berisi pujian dan rasa syukur untuk diri sendiri.
Sementara persiapan pada minggu malam dapat di mulai dengan menyiapkan seluruh pakaian yang akan dikenakan besok. Tentu saja, Anda juga harus menyiapkan sarapan sehat keesokan paginya.
Dengan begitu, Anda dapat merasakan beban di hari Senin tak seberat biasanya bahkan membuat Anda merasa masih sedang berlibur.
2. Susun rencana menyenangkan di hari Senin
 
Bangun pagi di awal pekan akan terasa lebih mudah jika Anda memiliki rencana lain yang sangat menarik untuk dilakukan. Anda bisa mengajak teman-teman Anda berkumpul pada Senin malam usai pulang kerja.
Rencana jalan-jalan dan berbincang dengan sejumlah kawan, dapat membuat Anda lebih bersemangat menuntaskan semua pekerjaan di hari Senin. Bahkan tanpa teman pun, Anda masih bisa melakukan kegiatan lain yang menyenangkan.
Nonton film di rumah sepulang kerja dapat menjadi motivasi tersendiri untuk melalui hari Senin di kantor. Sama seperti menghadapi akhir pekan, Anda tentu punya banyak rencana menyenangkan untuk dilakukan keesokan harinya.
3. Selesaikan pekerjaan rumah tangga di akhir pekan
 
Salah satu yang membuat akhir pekan sangat menyenangkan adalah karena tugas Anda tak terlalu banyak. Lebih dari itu, Anda juga memiliki banyak waktu dan fleksibilitas kerja yang tinggi.
Faktanya, hari Senin juga bisa sama menyenangkannya dengan akhir pekan jika Anda tak memiliki tumpukan pekerjaan di awal pekan. Saat libur, baiknya selesaikan pekerjaan rumah Anda dan luangkan hari Senin Anda untuk pekerjaan di kantor. (Sis/Ndw)