Bestprofit Futures Jakarta

Cukup menyebalkan memang bila keyboard komputer atau laptop yang kamu gunakan sehari-hari, tiba-tiba tak dapat digunakan. Apalagi saat itu kamu sedang mengerjakan tugas kuliah atau menyelesaikan pekerjaan yang hampir masuk tenggat waktu (deadline).

Sebagai salah satu perangkat periferal terpenting, adakala keyboard yang kamu gunakan tak berfungsi maksimal karena kotoran dan debu.

Kalau keyboard kamu dirasa kurang berfungsi maksimal karena kotoran, sebaiknya kamu mengikuti langkah mudah berikut ini.

Perlu diingat, sebelum kamu memulai membersihkan keyboard, kamu perlu mencabut kabel keyboard yang terpasang ke komputer atau laptop kamu Bestprofit Futures Jakarta.

1. Debu

Salah satu masalah umum yang ‘menyerang’keyboard adalah debu. Cara cepat dan mudah mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sebuah sikat–atau sikat gigi–lembut.

Untuk keyboard di laptop, sebaiknya kamu menggunakan vacum cleaner berukuran kecil agar tidak terlalu merusak komponen laptop yang ada. Kemudian untuk mengatasi debu membandel, kamu bisa menggunakan sikat yang lebih keras.

2. Kuman

Karena digunakan sehari-hari, wajar bila keyboard kamu menjadi “ladang” berkembang biak berbagai macam kuman. Untuk hal ini, kamu sebaiknya menghindari produk desinfektan yang mengandung elemen etil dan lebih baik menggunakan alkohol mengandung isopropil.

Kenapa lebih baik isopropil? Sebab kandungan kimia elemen etil akan mengikis huruf-huruf di keyboard kamu. Batas aman alkohol yang dapat kamu gunakan adalah 60 persen atau lebih.

Gunakan cotton bud atau kain yang sudah kamu basahi dengan larutan pembersih. Gosok permukaan tombol keyboard secara merata untuk bagian atas keyboard, dan cotton bud untuk sisi-sisinya.

Bersihkan keyboard saat terkena air

3. Tumpahan Air

Adakah yang lebih buruk daripada tombol keyboard lengket? Menumpahkan kopi atau soda ke atas keyboard adalah hal terburuk yang mungkin terjadi. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencabut keyboard dari komputer.

Walau banyak orang membersihkan keyboard pada saat masih dalam keadaan basah, sebaiknya kamu mengeringkannya terlebih dahulu.

Setelah kering, untuk menghilangkan cairan yang melekat di tombol, sebaiknya kamu mencopot tombol satu per satu. Hal ini dilakukan agar tombol keyboard dapat dibersihkan dengan baik dan lebih mudah saat akan kembali dipasang.

Bagaimana cara melepas tombol keyboard dengan mudah? Untuk keyboard komputer, kamu bisa menggunakan pisau atau obeng pipih untuk melepas tombol keyboard dari sisinya. Jangan terlalu banyak menggunakan tenaga, karena tombol keyboard akan terlepas dengan mudah.

Untuk keyboard laptop, kamu cukup menggunakan kuku jari untuk melepas tombol keyboard. Berhati-hatilah saat kamu melepas tombol keyboard, karena mekanisme tombol rentan patah.

Setelah dilepas, kamu bisa menggunakan kain basah terlebih dahulu untuk mengeringkan bagian-bagian yang basah. Setelah kering kamu bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan dasar keyboard.

Untuk membersihkan tombol keyboard, kamu bisa merendamnya di air hangat. Jangan lupa mengeringkan tombol tersebut sebelum kamu memasangnya kembali.
(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)