Bestprofit Futures Jakarta

Anda ingin mengembangkan karir yang lebih baik di perusahaan lain atau Anda baru saja lulus dari universitas dan baru ingin mencari pekerjaan? Membangun personal branding di jaringan profesional seperti LinkedIn, dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk bisa ditemukan oleh perekrut Bestprofit Futures Jakarta.

Hal tersebut ditegaskan menurut data dari Your Story @Work yang dilakukan oleh LinkedIn baru-baru ini yang mengungkap bahwa 78% pembuat keputusan dalam proses rekrutmen selalu melihat profil LinkedIn milik kandidat mereka dan 73% dari para pembuat keputusan tersebut percaya bahwa kesan yang dibangun oleh seorang profesional di dunia online sama pentingnya dengan kesan di dunia nyata.

Untuk itu, berikut ini CHIP merangkum 19 strategi mengembangkan karir atau mendapatkan pekerjaan bagi fresh graduate ditengah ketatnya persaingan dengan memanfaatkan LinkedIn dari nara sumber Pambudi Sunarsihanto, ketua umum Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia (PMSM) Indonesia, Frank Koo, Head of Talent Solutions Souteast Asia dan Mohamad Ario Adimas, Division Head Integrated Marketing Communication Indosat Ooredoo pada acara LinkedIn Media Forum: The State of Millennials.

1. Optimalkan profil LinkedIn dengan melengkapi seluruh informasi yang diperlukan.

2. Buatlah akun LinkedIn SlideShare, dan bagikan pemikiran Anda

3. Jalinlah hubungan yang bermanfaat. Agar Linked In Anda terpercaya, sebaiknya terhubung dengan orang-orang yang sesuai dengan bidang Anda. Jangan asal terhubung dengan orang yang tidak jelas.

4. Tingkatkan feed pada halaman utama akun LinkedIn Anda, dengan mengikuti orang-orang yang bisa bermanfaat bagi perkembangan karier Anda.

5. Memilih dan mendalami satu fokus keilmuan tertentu

6. Memperbarui resume Anda ketika pindah kerja.

7. Hadir di seluruh social media dan berbagi wawasan dengan materi yang konsisten dan sesuai dengan passion

 
8. Bergabung ke dalam komunitas yang mencerminkan diri Anda dan berkontribusi penuh didalamnya

9. Membuka diri untuk berbagi ilmu di beberapa forum yang sesuai dengan keahliannya.

10. Menampilkan semua pencapaian dan kemampuan di Linkedin agar dapat terhubung dengan lebih banyak kesempatan

11. Publish foto yang layak dilihat calon perekrut Anda  di Linked In. Sebab foto cukup berpengaruh terhadap penilaian calon perekrut yang melihat profile Anda.

12. Isi project yang telah Anda lakukan, meski project sejak di bangku kuliah maupun tempat Anda bekerja.

13. Isi testimonial atas apa yang telah Anda lakukan.

14. Jangan membanjiri testimonial project Anda dari orang-orang yang sekantor atau satu lingkungan dengan Anda, melainkan dari klien ataupun perusahaan lain.

15. Bagi fresh graduate, Isi info detil, passion Anda, dan project Anda selama di universitas. Sebab, bisa jadi pengalaman Anda bisa berguna dalam perusahaan.

16. Gali kelebihan yang Anda miliki untuk membedakan Anda dari kebanyakan pekerja lainnya.

17. Untuk memperuncing kompetisi, carilah yang ilmu lebih dalam dengan mengikuti kuliah tambahan yang tidak diberikan universitas Anda.

18. Jangan hanya menunggu. Melalui Linked In, gunakan fitur yang memungkinkan pencari kerja untuk bisa langsung menghubungi perusahaan atau HRD sebuah perusahaan.

19. Dalam membuat surat lamaran kerja, sebaiknya berikan solusi mengenai masalah yang dihadapi perusahaan tersebut atau memberikan kesan positif dengan sebelumnya mencari informasi lebih dalam mengenai perusahaan yang akan Anda tuju.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)