http://log.viva.co.id

Cara dari seorang dokter di Jepang yang telah berusia 104 tahun.

VIVA.co.id – Siapa yang tidak ingin memiliki usia panjang dan selalu bahagia menikmati setiap waktu dalam hidupnya, semua orang pasti menginginkannya. Dr. Shigeaki Hinohara, adalah seorang dokter dan juga seorang pendidik yang usianya saat ini telah mencapai 104 tahun. Bukan hanya berumur panjang, dokter yang sangat luar biasa ini pun masih tampak sehat dan menikmati setiap hari-hari di masa tuanya.

Berusia lebih dari satu abad tenyata tidak membuat dokter ini tampak lemah dan menderita seperti orang tua pada umumnya. Lahir pada tahun 1911, pendiri “New Elderly Movement” dan pengarang lebih dari 150 buku yang berhasil menjadi best seller ini memanglah sosok yang sangat luar biasa. Menurutnya, memiliki usia yang panjang dan bahagia selama menjalani hidup bukanlah hal yang sulit, semua orang bisa mendapatkan itu asalkan mereka mau melakukan 14 saran yang diberikannya berikut ini:

1. Energi datang dari pikiran yang positif bukan dari makanan ataupun tidur yang banyak.

Hiduplah seperti anak kecil yang selalu bahagia, makan ketika Anda merasa lapar dan istirahatlah saat Anda merasa lelah, jangan terlalu terbebani dengan jadwal makan dan tidur yang ketat dan teratur. Bersenang-senanglah, maka Anda akan merasa lebih berenergi dan bahagia dalam hidup.

2. Menjaga berat badan.

Perhatikan setiap makanan yang Anda konsumsi setiap harinya, jangan lupa untuk selalu memilih makanan yang baik untuk kesehatan. Sebagai contoh, Dr. Hinohara selalu minum kopi, jus jeruk, dan satu sendok makan minyak zaitun untuk sarapannya; kue dan susu untuk makan siang; serta sayuran, ikan, dan nasi untuk makan malam. Tidak lupa, dia juga selalu mengkonsumsi daging tanpa lemak setiap dua kali dalam seminggu.

3. Membuat jadwal kegiatan.

Memiliki jadwal yang padat dalam mengisi hari-harinya membuat Dr. Hinohara menyadari kalau ternyata merencanakan jadwal kegiatan sehari-hari membuatnya menikmati hidup dengan lebih baik. Dengan begini, maka kegiatan yang banyak tidak akan membuat kita merasa tertekan dan kelelahan.

4. Tidap perlu pensiun dari pekerjaan.

Dr. Hinohara percaya bahwa Anda tidak perlu pensiun dari pekerjaan, jika Anda merasa senang melakukan pekerjaan tersebut walaupun sudah berusia lanjut. Dengan tetap memiliki aktivitas akan membuat tubuh menjadi lebih kuat.

5. Berbagi ilmu yang kita miliki.

Sebagai seorang pendidik, Dr. Hinohara masih terus memberikan pengajaran di sekolah dan sarana pendidikan lainnya. Untuk satu mata pelajaran yang diberikannya memerlukan waktu selama 90 menit. Menurutnya, berbagi ilmu yang dia miliki kepada banyak orang juga menjadi salah satu kunci yang membuat dia tetap sehat dan bahagia.

6. Jangan langsung percaya semua yang disarankan oleh dokter.

Dokter adalah para ahli kesehatan yang selalu memberikan cara pengobatan dan resep obat kepada pasiennya. Tetapi, Anda harus ingat bahwa Anda yang lebih tahu apa yang diri Anda rasakan. Jadi, jangan langsung mengikuti jenis pengobatan dan obat-obatan yang diberikan oleh dokter sebelum Anda mencari tahu lebih dalam kalau Anda memang membutuhkan pengobatan tersebut.

7. Gunakan tangga dan angkatlah barang bawaan Anda sendiri.

Banyak orang yang selalu memilih menggunakan lift dan meminta bantuan orang lain untuk mengangkat barang bawaannya seperti tas dan yang lainnya, apalagi jika orang tersebut sudah berusia lanjut. Tetapi, hal ini tidak berlaku bagi Dr. Hinohara. Diusia lanjutnya, dia masih menaiki tangga setiap hari dan mengangkat barang bawannya sendiri karena hal inilah yang membuat tubuhnya terus terasa sehat dan kuat.

8. Carilah inspirasi.

Dalam menjalani hidup, Dr. Hinohara percaya kalau penting bagi semua orang untuk menjadikan orang lain sebagai inspirasi dalam kehidupannya. Karena hal ini dapat membuat seseorang memiliki semangat yang lebih untuk melanjutkan hidup.

9. Nikmati rasa sakit.

Dalam hidup, semua orang pasti pernah merasakan sakit, dan menurut Dr. Hinohara, cara yang terbaik untuk melupakan rasa sakit yang kita rasakan adalah dengan bersenang-senang. Di Rumah Sakit Internasional Seiroka yang dia dirikan, disediakan terapi musik dan hewan serta kelas seni untuk membantu pasien mengendalikan rasa sakit yang mereka rasakan.

10. Jangan terlalu “gila” dalam mengumpulkan materi dalam hidup.

Dr. Hinohara selalu meyakini kalau semua barang dan kemewahan yang dia miliki tidak akan dapat dia bawa saat dirinya meninggal dunia, karena itulah dia mengingatkan semua orang untuk tidak terlalu “gila” dalam mengumpulkan materi dalam hidupnya karena hal itu hanya akan membuat hidup tidak bahagia.

11. Ilmu pengetahuan saja tidak cukup untuk mengobati penyakit.

Walaupun dirinya adalah seorang dokter, Dr. Hinohara meyakini kalau ilmu pengetahuan saja tidak cukup untuk menyembuhkan penyakit yang diderita seseorang. Menurutnya hati dan fikiran ikut mempengaruhi penyembuhan seseorang terhadap penyakitnya bukan sekedar pengobatan ataupun operasi.

12. Hidup tidak dapat diprediksi, karena itu jangan terlalu mengkhawatirkannya.

Menurutnya, peristiwa yang terjadi dalam kehidupan tidak semuanya dapat diprediksi. Manusia memiliki kelebihan sendiri dalam dirinya, jadi jangan terlalu khawatir ketika harus menghadapi peristiwa diluar dugaan dalam hidup, karena diri kita pasti akan menemukan jalan keluarnya.

13. Temukan seseorang untuk dijadikan contoh

Carilah seseorang yang dapat Anda jadikan contoh dalam hidup. Seperti Dr. Hinohara yang menjadikan ayahnya sebagai contoh dalam hidupnya. Sehingga, ketika dia menemukan masalah dalam hidup, dia akan mengikuti langkah yang diambil ayahnya jika mendapatkan masalah seperti itu.

14. Berumur panjang adalah hal yang luar biasa.

Menurut Dr. Hinohara berusia tua bukanlah hambatan. Jika kita menikmati hidup yang kita jalani, berapapun usia Anda pasti akan tetap merasa bahagia. Dalam usianya yang tidak lagi muda, Dr. Hinohara masih bekerja selama 18 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan menikmati dengan bahagia setiap hari yang dijalaninya.

Sumber