http://sehatgaksih.blogspot.com

Cara mudah membuat sistem daya tahan tubuh menjadi kuat – Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangatlah penting. Ketika tubuh Anda diserang oleh benda asing seperti virus atau organisme mikro lainnya, sistem kekebalan tubuh Anda adalah salah satu yang menjaga dan melindungi tubuh Anda. Apakah ada cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Tentu saja ada. Jika Anda dapat mempertahankan gaya hidup sehat, Anda pasti dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik. Pertahanan batin Anda melawan berbagai infeksi sepanjang tahun menjaga Anda aman dan sehat.

Ketika suatu organisme memasuki tubuh Anda untuk menyakiti, itu akan dibunuh oleh sistem  dkekebalan Anda. Apakah Anda tahu fakta bahwa kulit, air mata, air liur, asam lambung dan lendir memainkan peran penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh Anda? Dilansir dari boldsky,  berikut tips cara membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat dan bergizi memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Nah, vitamin C dan E, Zinc, asam lemak omega-3, Selenium dan Karotenoid sangat penting untuk daya tahan tubuh Anda.

Jauhi Rasa Stres

Gaya hidup tanpa stres adalah penting untuk sistem kekebalan yang kuat. Hormon stres dapat mempengaruhi fungsi sistem kekebalan tubuh dalam beberapa cara.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Kebersihan dapat banyak membantu Anda dalam meminimalkan serangan berbagai mikro-organisme.

Tidur yang Berkualitas

Kualitas tidur Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Tidur dengan baik adalah salah satu langkah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kurang tidur dapat melemahkan kekebalan tubuh Anda.

Olahraga Teratur

Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Latihan dan olahraga dapat bermanfaat bagi tubuh Anda dalam banyak cara. Hal ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Berhenti Merokok

Merokok adalah musuh yang sangat besar untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Rokok membombardir sistem Anda dengan banyak zat berbahaya dan ini dapat melemahkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

Jaga Tekanan Darah

Tekanan darah Anda Anda harus dalam tingkat yang sehat. Makan makanan yang tepat dan mengkalibrasi gaya hidup Anda yang sesuai karena sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Meminimalkan Konsumsi Alkohol

Minum alkohol merupakan kebiasaan buruk yang dapat menghambat fungsi sistem kekebalan tubuh Anda jika Anda minum secara teratur. Tubuh Anda akan lebih sarat dengan racun dan hati akan banyak bekerja karena alkohol.

Kontrol Berat Badan Anda

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa obesitas dapat menghambat fungsi harmonis sistem kekebalan tubuh Anda. Menjaga berat badan yang sehat adalah cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Konsultasikan dengan Dokter Secara Berkala

Check-up dan mengikuti saran dokter Anda dapat membantu Anda mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat yang menjaga tubuh Anda terhadap serangan dari berbagai infeksi. Cek kesehatan secara berkala membuat Anda mengetahui kondisi tubuh dan jika ada suatu penyakit akan diketahui secepatnya sebelum terlambat.

 

Itulah beberapa langkah untuk membuat daya tahan tubuh tetap kuat. Makanan sehat, gaya hidup sehat dan olahraga selalu menjadi hal yang tidak bisa lepas dari tubuh yang sehat.