http://bisnis.liputan6.com

Liputan6.com, New York – The Ethisphere Institute, lembaga internasional unggul mengenai cara mendefinisikan dan memajukan standar praktek bisnis beretika, pekan lalu mengumumkan jajaran perusahaan paling beretika di dunia. Laporan yang dikemas dalam tema `The World’s Most Ethical Companies 2015` meliputi 132 perusahaan yang mewakili lebih dari 50 industri yang berasal dari 21 negara dan lima benua.

The World’s Most Ethical Companies 2015 merupakan penghargaan bagi pencapaian luar biasa dalam hal transparansi, integritas, etika dan kepatuhan sebuah perusahaan.

“Banyak perusahaan yang dihadapkan dengan tantangan dari undang-undang dan peraturan kompleks. Selain aturan global yang masih belum pasti, ada kebingungan tentang bagaimana melakukan bisnis dengan cara yang benar dan diakui secara global,” jelas CEO The Ethisphere Institute, Timothy Erblich dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Selasa (17/3/2015).

Sejumlah perusahaan penerima penghargaan menggunakan etika sebagai alat untuk menunjukkan kepemimpinan dan menjaga koneksi dengan tetap menjaga nilai-nilai perusahaan. Pimpinan perusahaan dapat menjaga setiap karyawan dan rekan bisnis ke dalam jaringannya dan memastikan semua pihak dapat memberikan manfaat jangka panjang pada konsumen, pemasok produk, regulator dan investor.

“Kepemimpinan yang beretika mendorong hasil positif yang dipahami seluruh pihak tersebut karena menunjukkan kinerja operasional yang transparan. Kami senang memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan tersebut yang tidak hanya memahami berbagai komponen hingga membangun perusahaan beretika, tetapi juga berdedikasi untuk membangun lingkungannya hingga menjadi seperti ini,” kata Timothy.

CEO Ford Motor Company Bill Ford mengatakan, penghargaan ini memberikan apresiasi kepada mereka yang melakukan bisnis dengan cara yang benar dan membuat pilihan tepat setiap hari.

Ford Motor Company merupakan satu-satunya produsen mobil yang menerima Penghargaan Ethisphere selama enam tahun berturut-turut.

“Perilaku beretika dan good corporate citizenship tidak hanya melakukan hal-hal dengan benar, tetapi juga membuat bisnis jadi lebih baik,” kata Bill.

Pada 2015, tercatat ada 15 perusahaan yang menerima penghargaan serupa selama kesembilan kali dan 11 perusahaan tercatat menerima penghargaan untuk pertama kalinya. Beberapa nama besar di bidang teknologi informasi juga tercatat menerima penghargaan ini, seperti Intel Corporation, Dell Inc., Google Inc., Microsoft, dan Cisco.

1. Ford Motor Company

2. Dell Inc.

3. Google Inc.

4. Microsoft

5. Visa Inc.

6. The Tata Power Company Limited

7. Prudential Financial, Inc.

8.  L’ORÉAL

9.  Johnson Controls, Inc

10. Marks and Spencer

Sekadar informasi, penilaian berdasarkan lima kategori utama yaitu etika dan program kepatuhan (35%), corporate citizenship and responsibility (20%), budaya etika (20%), tata kelola (15%) serta kepemimpinan, inovasi dan reputasi (10%). (Sis/Ndw)