10 Makanan dan Minuman Pereda Stres

http://portalsehatku.blogspot.com

10 Makanan dan Minuman Pereda Stres – Stres terkadang dihadapi oleh seseorang. Sesungguhnya hal semacam ini wajar, namun bila terlalu sering bisa membahayakan kesehatan mental. Bermacam persoalan dalam kehidupan seseorang bisa menyebabkan terjadinya depresi. Berbagai langkah bisa anda kerjakan untuk menangani stres. Menceritakan permasalahan anda pada sahabat, konsultasi ke psikiater, serta memohon pada Tuhan supaya hati menjadi tentram.

Pada artikel berikut akan membahas tentang Makanan yang bisa meredakan stres. Simak penjelasan dibawah ini, agar anda ketahui makanan/minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi waktu stres datang.

1. Cokelat panas
Suhu tubuh menjadi hangat merupakan satu pertanda bahwa kita merasa nyaman. Minuman cokelat panas dapat meningkatkan suhu badan. Otak akan merespon bahwa kita sedang nyaman.

2. Madu
Madu kaya vitamin dan antioksidan. Madu sangat membantu regenerasi sel, melawan depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai anti peradangan dan antibiotik. Rasa manis madu memberikan efek ketenangan. Nutrisi pada madu sebagai pendorong energi.

3. Kismis atau Buah lain yang dikeringkan
Kismis, almon, aprikot, dan kacang hazelnut merupakan makanan kaya selenium, magnesium dan vitamin B yang berperan meredakan stres. Mereka juga efektif digunakan sebagai relaksasi otot.

Vitamin E dan B2 yang dikandung almon dapat melawan depresi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Demikian juga kismis yang kaya nutrisi dan serat.

4. Ubi
Kebutuhan akan karbohidrat maupun gula meningkat saat stres. Karbohidrat, betakaroten, gula, vitamin, dan serat yang dikandung ubi membantu tubuh memprosesnya secara pelan.

5. Salmon
Salmon kaya Omega-3 yang melindungi tubuh dari serangan jantung. Omega-3 pada salmon juga menjaga kestabilan adrenalin dan hormon kortisol.

6. JerukĀ 
Vitamin C pada sebuah jeruk juga efektif mengurangi stres. Ini juga mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tingkat normal, tanpa tekanan.

7. Pisang
Stres bisa membaik dengan mengkonsumsi pisang. Ini dikarenakan pisang kaya vitamin A, B, dan C. Demikian pula mineral yang dikandung buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama saat stres.

8. Alpukat
Cara yang baik untuk menurunkan tekanan darah yaitu dengan asupan kalium yang cukup. Ini bisa anda temukan pada alpukat.

9. Segelas susu
Trytophan yang dikandung susu diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati nyaman. Demikian pula, susu kaya mineral.

10. Teh hitam
Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa minum teh hitam sebanyak 4 kali setiap hari dalam jangka waktu 6 minggu, dapat menurunkan hormon penyebab stres.

Demikian makanan yang perlu dikonsumsi saat stres. Jaga fikiran dan tubuh anda, terutama saat cuaca kurang bagus dan suasana membuat penat.