http://webkesehatan.com

Di zaman seperti ini, banyak orang yang mengalami stres. Tekanan hidup bisa datang dari mana saja: pekerjaan, keluarga, keadaan ekonomi, dan banyak lainnya. Merasa stres atau tertekan bisa memberikan banyak efek buruk bagi hidup, lebih dari yang anda bayangkan. Kondisi yang tertekan tidak hanya akan menyebabkan perasaan cemas, namun juga bisa menyebabkan berbagai kondisi yang lebih kronis seperti depresi, gangguan kardiovaskular, mengurangi produktivitas, serta kualitas hidup secara umum. Mengetahui cara-cara untuk mengurangi tekanan bisa meningkatkan keadaan mental anda ketika anda merasakan stres.

Ada banyak cara untuk mengurangi stres dan menjadi rileks, namun beberapa lebih efektif dari yang lainnya. Beberapa kegiatan sederhana bisa membantu anda menghadapi dan mengurangi stres, misalnya saja dengan melakukan aktivitas-aktivitas penghilang stres berikut ini:

1.

Membaca
Membaca terbukti efektif untuk mengurangi stress anda. Sebuah penelitian mengungkapkan membaca dapat menghilangkan stres sebesar 68%. Hal tersebut karena membaca akan mengalihkan fokus anda, dan seketika membuat pikiran anda menjadi lebih tenang dan rileks. Bacalah majalah, novel, atau buku kesukaan anda. Jika tidak carilah bacaan yang ringan: majalah fashion ataupun novel ringan kegemaran anda.

Setelah itu, mungkin anda akan bisa mengelola stres dan melihat permasalahan yang menerpa anda dengan cara yang berbeda dengan kepala yang lebih dingin.

2.

Mendengarkan  Musik
Mendengarkan musik banyak memberikan efek positif bagi tubuh dan kesehatan. Berhubungan dengan stres, musik yang tepat dapat menurunkan tekanan darah, membuat tubuh jadi rileks, dan menenangkan pikiran. Musik yang didengar bisa apa saja sesuai dengan selera anda, selama anda bisa ikut bernyanyi dan menikmati lagu tersebut. Biarkan diri larut dengan musik yang anda dengar dan anda akan merasakan efeknya pada mood serta pikiran anda. Tidak heran mengapa saat ini banyak pengobatan menggunakan terapi musik sebagai bagian dalam prosedurnya.

3.

Mandi Air Hangat
Mandi air hangat juga salah satu cara yang menyenangkan untuk menghadapi stres. Mengapa? Karena kegiatan ini akan menenangkan keadaan psikologi serta membuat saraf dan jaringan dalam tubuh menjadi lebih rileks.

4.

Membersihkan Kamar/Rumah
Apapun bentuknya, kotor dan berantakan merupakan hal yang tidak menyenangkan, dan membuat pikiran menjadi lebih stres. Jika begitu, membersihkan dan merapihkan ruangan ataupun rumah setidaknya menyelesaikan dua masalah anda: kotor/berantakan dan stres.

Kegiatan seperti menyapu, menyusun perabot dan benda-benda pribadi, bahkan mondar-mandir dalam ruangan saat membersihkan akan mengalihkan pikiran anda sesaat, terlebih ketika anda menikmati dan larut dalam aktivitas berulang saat menyapu dan mengepel. Sederhana, namun bisa mengurangi stres anda secara bertahap. Dan ketika selesai, anda akan lebih puas menatap ruangan rumah yang bersih dan lebih rapi.

5.

Berpelukan
Jangan meremehkan kekuatan interaksi dan hubungan antar manusia, termasuk dalam urusan untuk mengurangi stres. Pelukan terbukti akan memberikan stimulasi pada tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak hormon kimia anti-stres dalam tubuh. Sentuhan dan tekanan lembut dalam bentuk pelukan hangat akan membuat tubuh rileks seketika itu juga.

6.

Menyulam
Ritme berulang yang terjadi ketika menyulam akan mengalihkan fokus dan mengangkat stres anda. Biarkan ekspresi kreativitas anda mengalir keluar selama menyulam sehingga anda merasakan pikiran menjadi lebih segar. Nikmati karya anda dengan senyum puas ketika sulaman anda telah jadi.

7.

Makan Cokelat
Kita semua suka cokelat. Dalam urusan mengurangi stres, cokelat pun dapat membantu anda mengatasinya. Anda membutuhkan dopamine dan serotonin untuk merasa lebih baik, dan cokelat akan memberikannya kepada anda. Walaupun begitu kandungan gula dalam cokelat mungkin tidak baik bagi anda dalam jangka waktu panjang. Namun jika sesekali dikonsumsi ketika anda sedang merasa stres tentu boleh-boleh saja dilakukan.

8.

Teknik Pernapasan
Bernapas dengan dalam adalah cara pereda stres yang sangat mudah yang juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk ‘mensuplai’ oksigen bagi darah, yang akan membangkitkan sel-sel otak, menenangkan saraf tubuh dan pikiran. Teknik atau latihan pernapasan bisa dilakukan di mana saja dan akan bekerja dengan cepat sehingga akan mengurangi stres anda seketika. Anda mungkin tertarik dengan artikel kami sebelumnya: Teknik Relaksasi untuk Mengurangi Stres.

Caranya mudah: berdiri atau duduk dengan posisi rileks, tarik napas panjang perlahan melalui hidung, lalu hembuskan napas –juga dengan perlahan– melalui  mulut. Anda mungkin ingin mengulanginya beberapa kali hingga anda merasakan benar-benar tenang dan rileks.

9.

Berinteraksi dengan Keluarga
Merasakan cinta yang datang dari keluarga akan membuat anda tersenyum bahagia. Stres akan hilang ketika anda bermain dengan anak, melihat cucu tersenyum, mengobrol santai dengan istri atau orang tua, makan bersama dan banyak lainnya. Ketika anda merasa bahwa tidak ada hal yang lebih baik daripada berada di tengah keluarga, saat itu pula pikiran menjadi tenang, motivasi akan meningkat, imun tubuh akan meningkat, dan anda akan melihat permasalah dan stres dengan cara yang berbeda.

10.

Bermain dengan Hewan Peliharaan
Jika anda termasuk penyayang binatang atau memiliki peliharaan seperti kucing, kelinci atau anjing, anda bisa ‘memanfaatkan’ mereka untuk menenangkan pikiran anda. Aktivitas sederhana seperti mengelus-elus kucing, berjalan santai dengan anjing di sore hari, atau memberi makan kelinci, mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan imun tubuh. Aktivitas ‘menyayangi hewan peliharaan’ adalah senjata untuk melawan stres anda.


Andapun bisa melakukan beberapa aktivitas di atas sekaligus untuk melawan stres yang menerpa, misalnya dengan mendengarkan musik sambil membaca buku atau menyulam, atau sambil membersihkan ruangan rumah anda, dan diakhiri dengan mandi air hangat. Tentu akan menyenangkan dan hasilnya akan sangat baik bagi tubuh dan pikiran anda.